30 Mar 2021, 09:16Perut

Warna feses apa yang mempengaruhinya?

VP
Info Penanya: VP0
dok dilingkungan saya kebanyakan warna feses nya berubah karna makanan yg dikonsumsi, tetapi biasanya yg mengalami perubahan warna feses yg disebabkan oleh makanan yg dikonsumsi ataupun disebabkan oleh penyakit rata2 kisaran usia berapa yaa dok?
105 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat sore VP,Feses adalah sisa hasil pencernaan yang sudah tidak berguna sehingga butuh untuk dibuang. Namun selain faktor makanan, adanya penyakit pada liver dan kantung empedu juga berperan terhadap warna feses yang Anda keluarkan. Namun bila dalam kondisi sehat, maka warna feses tergantung pada asupan apa yang Anda makan.Bila Anda sehat, maka normalnya feses akan berwarna kuning kecokelatan. Namun bila asupannya banyak sayur hijau maka feses juga akan berwarna lebih gelap. Sedangkan bila Anda makan banyak buah naga yang berwarna ungu tentu feses Anda juga akan keunguan. Selain itu makanan yang seringkali mempengaruhi warna feses adalah cumi hitam. Feses dikatakan kelainan atau ada suatu masalah bila warna feses Anda pucat seperti dempul. Biasanya hal ini menunjukkan adanya masalah pada liver akibat penyakit hepatitis (penyakit kuning), atau adanya batu empedu.

Yang perlu Anda lakukan untuk menjaga kesehatan usus Anda adalah:

  • Banyak makan sayur dan buah.
  • Minum air putih yang banyak untuk melancarkan pencernaan.
  • Sesekali minum yogurt.
  • Jangan menahan-nahan BAB.
Lakukan pemeriksaan ke dokter penyakit dalam bila warna feses Anda berwarna aneh tidak sesuai dengan yang Anda makan.Salam sehat,dr. Vina
hepatitisbatu empedufeses
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil