Warna darah menstruasi merah segar

EB Info Penanya: EB, Wanita, 2019 Tahun
Doktor saya mau Tanya (maaf ya kalo saya pakai Bahasa Inggris , karena tidak terlalu tau bahasanya di indo), jadi kan saya habis period, trus setelah itu muncul coklat2 Dan juga Kayaknya ada item2(ato mungkin itu coklat tua), Dan hari ini masih muncul coklat2 tapi pas saya habis ke toilet dan ngelap muncul darah merah tapi ngak terlalu banyak di tissuenya. Apakah itu normal? Biasanya sebelumnya setelah period itu muncul coklat2, dan saya binggung apakah itu normal? Dan kalo saya inget inget, ndak pernah ada darah setelah period, cuma ada coklat.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, EB

Thank you for the question.

So period in bahasa is menstruasi, haid atau datang bulan. Selama menstruasi, tubuh anda mengeluarkan jaringan dan darah dari rahim melalui vagina. Warna darah yang dikeluarkan bisa bervariasi dari merah terang, coklat tua atau hitam tergantung seberapa lama darah tersebut berada di dalam rahim. Darah yang tinggal cukup lama akan bereaksi dengan oksigen, sehingga tampak lebih gelap. Perubahan hormon dan kondisi kesehatan juga dapat mempengaruhi warna dan tekstur darah haid anda. Dan bisa saja terjadi dalam sekali siklus perubahan warna dari merah terang sampai merah gelap.

Perubahan hormon, pola makan, gaya hidup, usia dan lingkungan seseorang. Semuanya dapat menyebabkan variasi dalam menstruasi anda. Bila menstruasi anda lama atau jumlahnya banyak maka sebaiknya anda konsultasi dengan Dokter Obgyn.

Tanda lain yang memerlukan konsultasi dengan Dokter Obgyn adalah :

  • keputihan yang baru atau tidak seperti biasanya
  • menstruasi tidak teratur yang berubah lama dan jumlahnya dari satu bulan ke bulan berikutnya
  • perdarahan setelah menopause
  • tidak mestruasi 3 bulan atau lebih
  • bau vagina yang berbau tidak sedap
  • keputihan yang pekat, abu-abu atau putih
  • gatal di dalam atau di sekitar vagina
  • demam

Semoga penjelasan saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Yoga dapat menyeimbangkan kondisi hormon sehingga gangguan haid bisa teratasi

Lakukan 7 Cara Ampuh Mengatasi Haid Tidak Lancar Ini

Gangguan menstruasi adalah gangguan yang terjadi akibat ketidakseimbangan kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh. Beberapa cara mengatasi haid tidak lancar, antara lain olahraga, yoga, dan mengonsumsi vitamin D.