Kenapa keluar keputihan bewarna coklat?

C Info Penanya: C, Wanita, 36 Tahun
Malam dok, dok saya habis berhubungan sm suami kok hbs itu saya versihk bersihkan trus kok tiba2 keluar cairan coklat transparan gt ya? Kenapa ya dok.. Trus satu hari sebelumnya pinggul bagian kanan saya terasa sakit bgt ky panas sakit gmn gt dok.. Makasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi C,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Keputihan merupakan hal yang wajar, namun perlu di waspadai jika keputihan yang terjadi ada perubahan warna tertentu, seperti coklat atau warna lainnya bisa jadi pertanda kondisi tubuh tertentu.

Beberapa penyebab keputihan bewarna cokelat :

  • Sisa darah mentruasi
    Darah menstruasi yang tersisa atau tertinggal bisa menyebabkan keputihan yang kecoklatan.
  • Perdarahan karena implantasi janin
    Proses pelekatan telur yang telah dibuahi pada dinding rahim dapat menimbulkan bercak kecoklatan bisa terjadi sekitar 10-14 hari setelah pembuahan.
  • Servisitis
    Merupakan radang pada leher rahim, gejala lain buang air kecing semakin sering, nyeri saat buang air kencing dan perdarahan yang terjadi post berhubungan intim.

Untuk penanganan dirumah sebaiknya Anda tetap menjaga kebersihan organ intim Anda, menggunakan pakaian dalam yang tidak terlalu ketat dan dapat menyerap keringat, jika keputihan semakin bertambah banyak dan menimbulkan bau amis atau menyengat sebaiknya konsultasikan lebih lanjut ke dokter kandungan.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keputihan bisa menandakan bahwa akan menstruasi atau mengawali kehamilan.

Ini Bedanya Keputihan Tanda Hamil dan Keputihan Haid

Keputihan terjadi bukan hanya menjelang menstruasi, tapi juga kehamilan. Meskipun keduanya termasuk dalam golongan keputihan, tapi terdapat karakteristik yang berbeda dari kondisi ini. Kenali 3 tanda ini agar Anda bisa membedakannya.