Mengapa hasil test pack masih positif setelah keguguran?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 25 Tahun
asalamualaikum dok, saya mau bertanya berapa hari yg lalu mengalami keguguran cuma hanya mengeluarkan haid biasa tidak berbentuk gumpalan, setelah ditespek hasilnya masih positif , pertanyaan saya apakah kondisi ny msih hamil atau tidak mohon penjelasan nya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, SU.

 

Keguguran atau abortus merupakan kondisi hilangnya janin pada usia kandungan kurang dari 20 minggu. Pada saat kondisi kehamilan terjadi, plasenta akan mengasilkan hormon hCG yang semakin hari akan meningkat. Hormon hCG ini kadarnya akan meningkat pada 3-4  minggu setelah hari pertama haid terakhir. Puncak tertinggi kadar hormon hCG biasanya pada usia kandungan 8-10 minggu dan setelah itu lama kelamaan kadarnya akan menurun sampai pada usia kehamilan 20 minggu. 

Terkait dengan pertanyaan Anda jika kadar hormon hCG masih positif saat diperiksa menggunakan test pack pasca mengalami keguguran masih dapat terjadi sebab saat keguguran, janin masih berusia dibawah 20 minggu dimana pada usia kehamilan dibawah 20 minggu kadar hormon hCG masih tinggi maka dibutuhkan waktu juga untuk hormon tersebut akan perlahan menurun kadarnya didalam darah. Waktu yang biasanya dibutuhkan sampai kadar hormon menurun adalah 3-4 minggu pasca keguguran.

Untuk mempersiapkan kehamilan kembali setidaknya dibutuhkan penundaan program kehamilan 1-3 siklus menstruasi. Konsultasikan kepada dokter kandungan sebelum Anda memutuskan untuk memulai program kehamilan kembali.

Upaya yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan program kehamilan kembali adalah sebagai berikut:

  • Olahraga rutin setiap hari.
  • Makan berprotein, dan berserat seperti daging tanpa lemak, buah dan sayur.
  • Hindari stres.
  • Minum susu pasteurisasi.

 

Semoga bermanfaat.

Salam sehat, 

 

dr.Sri Wulantini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada berbagai cara mengetahui jenis kelamin bayi yang efektif untuk dilakukan

Cara Mengetahui Jenis Kelamin Bayi, Bukan Mitos

Ketika dinyatakan hamil, sebagian pasangan tentu ingin segera mengetahui jenis kelamin janinnya. Namun, ada berbagai mitos mengenai cara mengetahui jenis kelamin bayi yang bisa membuat keliru. Lantas, bagaimana cara yang tepat untuk mengetahuinya?