10 Aug 2021, 05:47Kandungan

Keluar darah setelah berhubungan, apa penyebabnya?

MC
Info Penanya: MC0
Saya melakukan hubungan dengan suami saya kemarin sabtu dan minggu, sebelumnya tgl 30 saya haid sampai tanggal 3 atau 4. Namun ternyata hari ini haid lagi dok. Apakah itu normal?
88 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, MTerima kasih atas pertanyaan AndaKeluar darah setelah berhubungan seksual bisa terjadi karena berbagai macam Penyebab. Mulai dari kondisi normal karena awal kehamilan seperti perdarahan implantasi pada awal kehamilan, ataupun karena kondisi medis lainnya. Perdarahan implantasi biasanya terjadi sekitar 6 - 12 hari setelah berhubungan seksual. Perdarahan implantasi adalah perdarahan yang terjadi ketika calon janin menempel pada dinding rahim. 

Penyebab lain keluar darah setelah berhubungan seksual adalah:

  • Efek dari pemakaian alat kontrasepsi
  • Iritasi seviks
  • Polip serviks
  • Infeksi penyakit menular seksual
  • Sisa dari perdarahan menstruasi sebelumnya
  • Kondisi medis yang lain
Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, salah satu penyebab keluar darah setelah berhubungan bisa disebabkan oleh kondisi yang telah disampaikan di atas. Selain itu, terjadi haid yang tidak teratur juga bisa dipengaruhi oleh gangguan hormonal, berat badna tidak ideal, stres, hingga adanya masalah kesehatan pada organ reproduksi. Apabila keluhan yang Anda alami ini berulang dan atau disertai dengan gejala penyerta lain segeralah melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan. Pastikan tetap menjaga kebersihan area kewanitaan, hindari kelelahan, konsumsi makanan bergizi dan hindari seks bebas.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
siklus haidhubungan sekssekshaid
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil