19 Sep 2020, 13:30Kandungan

Cara mengonsumsi pil KB, bagaimana?

IR
Info Penanya: IR0
Dok saya bertemu suami saya kan 1 bulan sekali,saya ingin menunda kehamilan dlu,dan saya mengkonsumsi pil KB ,sebaiknya saya minum pil KB nya gimana ya dok??
1985 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam, ITerima kasih atas pertanyaan AndaPil KB adalah salah satu jenis alat kontrasepsi hormonal yang kerap digunakan karena efektifitasnya dalam menunda kehamilan. Cara mengonsumsi pil KB yang benar perlu diketahui agar mendapatkan manfaat dari penggunaan pil KB. Mengonsumsi pil KB, memiliki cara yang berbeda-beda berdasarkan jenis Pil KB yang digunakan.

Cara mengonsumsi Pil KB berdasarkan jenisnya, yaitu:

  • Pil Kombinasi 21 hari
    Diminum 1 pil setiap hari selama 21 hari atau tiga minggu secara berturut-turut. Pada minggu ke 4 tidan mengonsumsi pil karena pada minggu ke 3, merupakan waktu menstruasi  Anda. Setelah minggu ke 4 baru mengonsumsi pil KB kembali.
  • Pil Kombinasi 28 hari
    Sama seperti minum pil KB 21 hari, yaitu diminum setiap hari selama 28 hari (4 minggu) berturut-turut. Pada hari ke 29 tetap mengonsumsi pil KB. Pada pil KB jenis ini, terdapat pil KB yang tidka mengandung hormon (plasebo) yang diminum di hari terakhir. 
  • Pil KB pogestin (mini pil)
    Diminum setiap hari  satu pil, pada jam yang sama setiap harinya dengan toleransi keterlambatan 3 jam.
Jika Anda berencana menggunakan pil KB untuk menunda kehamilan, alangkah baiknya lakukan pemeriksaan terlebih dahulu ke dokter spesialis kandungan terdekat agar dapat ditentukan jenis alat kontrasepsi yang sesuai bagi Anda dan pasangan.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dian
hubungan sekskehamilanpenggunaan kbtips kesehatan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil