Hamil mengeluarkan darah dan berhenti lalu timbul flek

MH Info Penanya: MH, Wanita, 26 Tahun
Dok saya hamil sudah satu bulan lebih,saya mengeluarkan darah dalam satu hari hingga satu pembalut penuh kemudian darah teserbut berhenti setelah 1minggu dari kejadian tersebut kembali keluar bercak darah coklat pekat sampai saat ini,saya kembali tespek dan hasilnya tetap garis duaDok apakah saya akan mengalami keguguran atau tidak ? mohon di jawab dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang MH,

Perdarahan saat hamil muda adalah gejala yang tidak selalu disebabkan oleh keguguran, tetapi bisa karena penyebab lain seperti perdarahan implantasi, peradangan vagina, masalah letak kehamilan dan lainnya.

Jadi jika timbul flek darah lebih banyak dan deras, terasa nyeri perut dan nyeri pinggang maka perlu dilakukan pemeriksaan untuk memastikan kondisinya. 

Beberapa upaya lain yang bisa dilakukan diantaranya:

  • Upayakan menghindari aktivitas fisik berat
  • Lebih banyak istirahat
  • Perbaiki asupan makan
  • Perbanyak minum air putih
  • Penuhi kebutuhan nutrisi terutama asam folat, DHA dan zat besi

Testpack sendiri akan tetap positif, dan tidak menjadi patokan keguguran atau tidak. Karena apabila terjadi keguguran, hormon kehamilan dalam tubuh masih tetap ada. Jadi jika dilakukan pemeriksaan testpack akan tetap positif sampai berakhirnya masa nifas.

Untuk itu sebaiknya periksakan diri pada dokter spesialis kandungan untuk dipastikan kondisinya. Nantinya akan dilakukan pemeriksaan baik pemeriksaan fisik dan pemeriksaan USG. Nantinya juga bisa diberikan penguat kandungan jika diperlukan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pada pertengahan kehamilan, bayi akan tidur dan bangun secara teratur

Tahap-tahap Perkembangan Janin Trimester Kedua

Berbagai organ, sistem saraf, dan otot bayi mulai berkembang pada trimester kedua. Pantau dan ketahui perkembangan janin trimester kedua melalui panduan ini!