21 Sep 2020, 06:41Kandungan

Menstruasi datang padahal belum waktunya, apakah pengaruh KB suntik?

AK
Info Penanya: AK0
Dok maaf menggangu waktunya ..saya ingin bertanya saya kb 3bln tapi blm waktunya kmbali suntik saya sudah mensturasi knp ya dok?
885 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat malam, AK.Kontrasepsi suntik 3 bulan memang memengaruhi siklus menstruasi, yang bisa menyebabkan menstruasi datang lebih cepat (seperti kondisi Anda), lebih lambat, maupun terhenti sama sekali. Kondisi ini dapat terjadi karena suntik 3 bulan mengandung hormon sintetik progesteron, yaitu salah satu hormon yang berperan dalam pengaturan proses menstruasi dalam tubuh.Oleh karena itu, kondisi yang Anda alami merupakan efek samping yang wajar terjadi. Ke depannya, selama Anda masih menggunakan suntik 3 bulan, mungkin saja akan terjadi perubahan siklus menstruasi kembali.

Efek Samping Suntik 3 Bulan

Selain perubahan siklus menstruasi, berikut adalah hal-hal yang biasa dialami wanita yang menggunakan kontrasepsi suntik 3 bulan:
  • Nyeri di bagian tubuh tertentu, seperti payudara, perut, dan bokong
  • Nafsu makan meningkat yang menyebabkan berat badan naik
  • Munculnya jerawat dan kulit menjadi berminyak
  • Emosi yang seringkali tidak stabil
Apabila Anda merasa tidak nyaman dengan hal ini, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan kontrasepsi buatan non-hormonal, misalnya AKDR (Alat Kontrasepsi Dalam Rahim) atau kondom. Anda juga dapat menggunakan metode kontrasepsi alami seperti pantang berkala atau coitus interruptus, namun perlu diketahui bahwa tingkat keberhasilannya lebih rendah ketimbang kontrasepsi buatan.Untuk informasi lebih lanjut, berkonsultasilah kepada dokter kandungan, ya. Ajak pasangan Anda ikut serta, agar semua pertanyaan dapat terjawab secara langsung. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
menstruasipenggunaan kbkontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil