Periode mens tidak teratur apakah stres atau hamil?

RZ Info Penanya: RZ, Wanita, 24 Tahun
Dok saya terakhir berhubungan bulan maret akhir. Tgl 11 april saya menstruasi. Period menstruasi saya selama 3 bln trkhr selalu di tgl 11 . Bulan ini saya blm menstruasi , ttp saya blm melakukan hubungan intim lagi. Apakah ini hamil atau karena efek stress dok sehingga memperngaruhi sistem menstruasi saya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, R.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Periode menstruasi setiap wanita berbeda-beda. Normalnya, siklus menstruasi berlangsung setiap 28 hari. Tetapi, ada juga yang berlangsung setiap 21-35 hari. 

Periode menstruasi wanita bisa berlangsung sama setiap bulannya. tetapi bisa juga berubah-ubah. Hal yang wajar jika mengalami perubahan dalam periode menstruasi. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi periode menstruasi seorang wanita yaitu faktor stress, kecapekan, pola makan yang buruk, penggunaan KB, berat badan yang tidak ideal, dll. 

Terkait dengan kondisi Anda ini, telat haid yang Anda alami kemungkinan bukan karena hamil. Tetapi bisa jadi karena faktor stres seperti yang sudah dijelaskan diatas. Anda tidak perlu khawatir karena kondisi ini merupakan kondisi yang wajar.

Walaupun begitu, Anda tetap harus menjaga pola hidup sehat agar siklus mens Anda tetap teratur. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada berbagai kondisi yang menjadi penyebab nyeri haid

Berbagai Penyebab Nyeri Haid, Mulai dari Kondisi Normal hingga Serius

Apakah nyeri haid termasuk kondisi normal? Apa penyebabnya? Jika Anda sedang haid atau menstruasi, pertanyaan tersebut pasti kerap muncul dalam benak Anda. Temukan jawabannya di artikel berikut.