Telat menstruasi apa tanda hamil?

DA Info Penanya: DA, Wanita, 21 Tahun
Dok saya mau tanya, saya pada tgl 24 april kemarin melakukan hubungan Intim dengan suami, dan skrng saya merasa badan saya kadang demam naik turun , ter kadang pusing, perut nyeri sesekali, punggungnya nyeri , mual , dan badan terasa meriang, saya sudah 3 hari telat mens, apakah saya hamil dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DA,

Gejala-gejala yang Anda sebutkan memang bisa saja pertanda hamil muda, namun juga bisa disebabkan oleh penyakit lainnya. Yang perlu Anda lakukan adalah pemeriksaan tes pack untuk memastikan Anda memang hamil atau tidak.

Idealnya tes pack dilakukan 7 hari setelah terlambat haid, bila hasilnya samar atau negatif namun ada gejala-gejala hamil muda, maka lakukan pemeriksaan tes pack ulang selang 1 minggu dari tes pack yang pertama untuk konfirmasi hasilnya.

Sementara menunggu hasil tes pack, yang dapat Anda lakukan adalah:

  • Minum paracetamol untuk meredakan demam, pusing, dan badan yang sakit semua.
  • Minum antacida 30 menit sebelum makan agar tidak mual.
  • Makan dengan porsi kecil namun sering, atau minum smoothie buah seperti pisang atau alpukat, atau makan makanan lunak agar mudah dicerna seperti bubur atau nasi tim.
  • Hindari makanan pedas, asam, serta kopi.
  • Minum air agar tidak lemas.
  • Perbanyak istirahat.

Bila Anda tetap demam selama 3 hari, maka lakukan pemeriksaan cek darah lengkap dan tunjukkan hasilnya ke dokter terdekat, karena bisa saja bukan hamil, namun gejala demam berdarah atau demam typhoid.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bayi prematur biasanya tumbuh lebih lambat daripada bayi normal

Kelahiran Prematur: Faktor Penyebab, Gejala, dan Ancaman Bahayanya

Kelahiran prematur adalah proses persalinan yang terjadi saat kandungan memasuki usia 20 minggu dan belum memasuki 37 minggu. Bayi prematur biasanya tumbuh lebih lambat daripada bayi normal