Haid nyeri, hanya 2 hari dan ada riwayat berhubungan, apakah hamil ?

FP Info Penanya: FP
Selamat sore dok saya mau bertanya bulan lalu saya Haid tanggal 4-8 dan saya melakukan hubungan seksual tanggal 11.dan bulan ini saya haid tanggal 6-10 tetapi selama haid saya mengalami sakit perut. Apa ka saya hamil dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, FP.

Haid yang terasa nyeri merupakan salah satu gejala yang umum terjadi pada wanita, terkait dengan senyawa mirip hormon yang juga bekerja pada saat terjadinya siklus menstruasi. Semakin tinggi kadar senyawa prostaglandin di dalam tubuh seorang wanita, maka kemungkinan untuk individu tersebut merasakan nyeri lebih tinggi. 

Akad tetapi ada beberapa kondisi medis lainnya yang dapat memicu munculnya keluhan nyeri saat haid, diantaranya adalah :

  • berat badan yang tidak normal
  • ada riwayat nyeri haid / dismenore pada keluarga (faktor genetika)
  • memiliki kebiasaan merokok
  • penyakit
    • endometriosis
    • fibroid rahim
    • adenomiosis
    • radang panggul
    • stenosis serviks

Terkait dengan keluhan yang Anda alami, haid yang terasa nyeri dan hanay berlangsung dua hari masih dapat terjadi karena faktor-faktor yang telah dipaparkan diatas. Lain hal nya jika perdarahan yang terjadi tersebut bukan merupakan haid, yakni berupa perdarahan implantasi pada awal kehamilan yang disertai nyeri kram. Namun untuk memastikan halnya, Anda dapat melakukan test pack saat ini dan satu minggu kemudian agar lebih akurat karena pada kehamailan butuh waktu untuk peningkatan hormon kehamilan yang dapat dideteksi oleh test pack. Hal tersebut akan dapat mencegah terajadinya negatif palsu.

Jika hasil kedua seri test pack masih negatif, ada baiknya Anda memeriksakan diri secara langsung pada dokter Spesialis Kandungan untuk mengetahui dengan jelas faktor penyebab dari keluhan Anda.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kondisi tertentu membuat ibu hamil memerlukan tes NIPT untuk mendeteksi kelainan kromosom pada janin

Perlukah Ibu Hamil Melakukan Tes NIPT untuk Mengetahui Kelainan Kromosom Janin?

Non-invasive prenatal testing atau tes NIPT adalah pemeriksaan kehamilan yang digunakan untuk menunjukkan kelainan kromosom tertentu pada janin yang sedang berkembang. Tes ini dapat melihat kelainan kromosom pada janin.