Apakah bisa hamil jika ejakulasi dilakukan diluar?

M Info Penanya: M, Wanita, 1 Tahun
Dok saya mau bertanya . Sya berhubungan intim tpi keluar di luar karna saya khawtir maka sya ikut KB apakah sya bisa hamil?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, M

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kehamilan merupakan hal yang dinantikan hampir setiap pasangan. Tnda pasti kehamilan adalah adanya hasil positif dari tes kehamilan dan hasil dari pemeriksaan USG kehamilan. Kehamilan dapat terjadi bila dilakukan hubungan seksual pada saat wanita dalam masa subur. Selain itu ejakulasi juga dilakukan didalam organ kewanitaan. Hal ini bertujuan untuk mempermudah bertemunya sel terlur wanita dengan sperma dari pria.

Keluarga berencana atau sering disebut dengan istilah KB merupakan sebuah gerakan untuk membangun keluarga sehat dan sejah tera dengan membatasi jumlah kelahiran. KB sendiri didukung dengan alat kontrasepsi. 

Adapun beberapa contoh alat kontrasepsi yang sering digunakan adalah sebagai berikut:

  • Penggunaan kondom
  • IUD
  • KB implan (susuk)
  • KB suntik (1bulan dan 3 bulan)
  • Pil KB

Dari beberapa contoh alat kontrasepsi yang disebutkan diatas, pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pastikan berkonsultasi dengan dokter Anda bila ingin mengunakan alat kontrasepsi agar sesuai dengan tujuan Anda dan pasangan.

Terkait dengan pertanyaan Anda, Bila ejakulasi dilakukan diluar organ kewanitaan (organ reproduksi wanita) kemungkinan untuk terjaidnya kehamilan sangatlah kecil. Sedangkan, untuk penggunaan suntik KB, jika Anda sebeulmnya telah rutin menggunakan suntik Kb maka kemungkinan untuk hamil hanya sekitar 1%, namun semakin tidak rutin (sering telat / lupa) semakin besar risiko untk kemungkinan terjadi kehamilan.

Pastikan Anda tetap mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, istirahat cukup, dan lakukan oalhraga rutin agar badan tetap bugar. Jika terdapat keluhan terkait masalah kehamilan atau terkait dengan alat kontrasepsi yang bisa Anda dan pasangan gunakan bisa memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan terdekat. 

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

 

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jika vagina anda tersasa perih saat bercinta, itu bisa menjadi salah satu gejala dispareunia

Vagina Perih Saat Bercinta? Waspadai Menderita Gejala Dispareunia!

Dispareunia adalah nyeri pada alat kelamin yang terus menerus dan atau berulang sesaat sebelum, saat, atau pun sesudah berhubungan seks. Gejala dispareunia yaitu nyeri pada saat penetrasi, vagina perih. Penyebabnya adalah tidak cukupnya pelumas, adanya riwayat luka atau iritasi.