12 Jul 2021, 05:42Kandungan

Setelah suntik hubungan intim, Apa kemungkinan hamil?

RJ
Info Penanya: RJ, Wanita, 21 Tahun
Dok saya mau tanya saya setelah melahirkan saya langsung pasang KB implan 3 tahun tp belom 3thn saya sudah copot karena haid tidak berhenti ² lalu saya lb suntik 3bln setelah saya selesai haid ,tapi saya setelah suntik KB langsung berhubungan apakah saya bisa hamil dok?
427 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat pagi, RJTerima kasih atas pertanyaannya.Suntik KB memiliki efek kerja mencegah kehamilan dengan kandungan hormon didalamnya.  Hormon ini akan menghambat pelepasan sel telur, menghambat adanya sperma memasuki rahim serta mencegah sel telur yang tidak sengaja terbuahi melekat pada dinding rahim. 

Yang perlu diketahui dalam penggunaan suntik KB :

  • Harus teratur sesuai jadwal yang sudah ditentukan.
  • Suntik KB dapat menganggu siklus haid sehingga mungkin haid akan terlambat, sedikit, banyak atau bahkan tidak haid lama.
  • Suntik KB baru bekerja 5-7 hari setelah suntik KB.
  • Masih ada kemungkinan 1-2% kehamilan karena belum ada KB yang 100%.
Setelah suntik lalu berhubungan memang ada potensi kehamilan karena kerja KB belum maksimal dalam mencegah kehamilan.  Sehingga disarankan pada pasangan untuk gunakan kondom atau tunda aktivitas seksual pada 7 hari pertama setelah suntik KB.  Jadi untuk kemungkinan kehamilan tetap ada walaupun tidak terlalu besar.  Anda dapat pastikan ini dengan lakukan testpack ketika mengalami keterlambatan haid lalu ulang saat akan suntik KB jadwal selanjutnya. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
kehamilantes kehamilanpenggunaan kb
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil