Mengalami patah tulang sudah 4 tahun apakah bisa pasang pen?

WS Info Penanya: WS, Pria, 1 Tahun
Dok saya mengalami patah tulang sudah 4Tahun dan tidak ada perkembangan.Dan sekarang saya mau pasang pen.Masih bisa gak dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi WS,

Patah tulang yang tidak ditangani bisa menimbulkan beberapa kemungkinan penyembuhan yaitu sembuh dan menyambung, sembuh dan menyambung tetapi tidak sempurna dan bisa bengkok, tidak menyambung sama sekali. Penanganan patah tulang sendiri tidak hanya pemasangan pen, karena jenis dan karakter patah tulang sendiri bisa beragam.

Jika sudah 4 tahun sering kali sudah ada penyembuhan jaringan dan penyatuan kembali tulang tetapi jika menyatu tidak sempurna bisa menyebabkan tulang tampak bengkok, selain itu juga bisa menurunkan kekuatan tulang sehingga fungsi dan kekuatannya tidak kembali seperti semula. 

Jika patah tulang sudah 4 tahun juga sudah menetap karena pertumbuhan tulang sudah mengeras, untuk itu ada baiknya dilakukan pemeriksaan dan evaluasi pada dokter spesialis ortopedi untuk keluhan yang Anda alami. Apabila ternyata menetap maka tidak lagi bisa dilakukan pemasangan pen. Apabila terdapat bengkok atau penurunan fungsi maka yang bisa dilakukan salah satunya adalah terapi atau rehabilitasi fisik untuk bisa mengembalikan fungsinya semaksimal mungkin. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh WS
17 Feb 2020, 23:12
Satu lagi dok,Kalo saya ambil dengan jalan amputasi apakah bisa dok
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tulang jari tangan penting dalam membentuk tangan manusia

Apa Fungsi Tulang Jari Tangan?

Fungsi tulang jari tangan bukan hanya untuk menggerakkan jemari. Faktanya, jemari tangan Anda digerakkan oleh tarikan otot yang berada di tendon lengan bagian bawah. Lantas, apa fungsi lain tulang jari tangan?