Waktu persalinan

WS Info Penanya: WS, Wanita, 24 Tahun
Dok, saya sekarang sedang hamil trimester ketiga dan sudah semakin mendekati waktu melahirkan. Apa saja tanda yang muncul katika mau melahirkan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu W,

Saat kehamilan memasuki usia 9 bulan dan 10 hari, maka bila tidak ada komplikasi maupun halangan tertentu selama kehamilan, maka persalinan umumnya akan terjadi secara normal. Persalinan normal adalah persalinan secara spontan lewat vagina (Partus spontan per-vagina) dengan posisi bayi yang keluar lebih dulu adalah posisi belakang kepala.

Saat seorang Ibu akan melahirkan, beberapa tanda dapat muncul. Meski gejala yang dirasakan dapat berbeda pada tiap orangnya, namun ada beberapa patokan umum yang dapat Ibu perhatikan sebagai tanda bahwa persalinan sudah dekat, yaitu:

  1. Bentuk perut menjadi lebih lonjong, turun dan seperti menggantung, karena posisi kepala bayi telah masuk ke dalam ruang panggul bagian bawah.
  2. Payudara sudah mengeluarkan air susu, pada saat ini Ibu sebaiknya mulai perawatan payudara untuk persiapan menyusui bayi.
  3. Rasa kencang (kontraksi) dan mulas pada perut jadi lebih sering terjadi. Ibu tidak disarankan untuk mengejan terlebih dahulu sebelum dalam pengawasan dokter agar dapat dibedakan antara mulas sebenarnya dan mulas karena kontraksi rahim.
  4. Menjadi lebih sering buang air kecil dan buang air besar (diare) sebagai akibat dari dorongan kepala bayi yang menekan kandung kencing dan rektum, dan karena pengaruh hormonal.
  5. Keluar lendir bercampur darah segar dari mulut vagina, mulanya sedikit lama kelamaan menjadi banyak.
  6. Keluar semburan air dari vagina. Saat hal ini terjadi, itu tandanya bahwa ketuban telah pecah.
  7. Kontraksi makin sering dan kencang, disertai rasa sakit dan keinginan untuk mengejan.

Jika Ibu telah merasakan tanda-tanda di atas, Ibu disarankan untuk segera ke rumah sakit atau bidan terdekat untuk melanjutkan persalinan seperti yang sudah direncanakan selama kehamilan. Apabila ini adalah kali pertama ibu melalui proses persalinan, jarak antara kontraksi hingga pembukaan jalan lahir yang lengkap dapat memakan waktu 8 hingga 10 jam.

Namun, hal ini tidaklah mutlak dan dapat berbeda tiap wanita. Maka dari itu, saat kehamilan sebaiknya selalu melakukan kontrol rutin ke Bidan atau Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan. Perhatikan dan catat tanggal perkiraan kelahiran yang pasti akan disampaikan oleh Bidan dan Dokter. Sehingga bila pada tanggal tersebut atau mendekati tanggal tersebut dan Ibu merasakan gejala – gejala diatas, maka tandanya persalinan akan segera terjadi.

Semoga jawaban di atas dapat membantu. Semoga Ibu dan Bayi selalu sehat.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gawat janin mengindikasikan bahwa bayi dalam kandungan Anda tidak sehat

Waspada! Gawat Janin akibat Gangguan Peredaran Darah

Waspada kondisi gawat janin dapat berisiko bagi kehamilan dan dapat mempersulit persalinan. Dalam kondisi gawat janin, bayi tidak mendapatkan asupan oksigen yang cukup sehingga menyebabkan bayi kekurangan oksigen. Gawat janin menjadi indikasi bahwa janin dalam kandungan Anda tidak sehat dan mempengaruhi detak jantung janin yang tidak normal.