Wajarkah bengkak setelah operasi kanker kelenjar getah bening?

NB Info Penanya: NB, Wanita, 29 Tahun
mau tanya dok. apakah bengkak setelah pengangkatan kanker kelenjar getah bening itu wajar? cara mengobati bengkaknya itu bagaimana? terimakasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, N.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kanker kelenjar getah bening merupakan kanker yang menyerang sistem limfatik yang dimana sistem limfatik berfungsi sebagai sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi. Kanker kelenjar getah bening terdiri dari dua jenis yaitu: kanker getah bening Hodgkin (menyerang usia 20-40 thn atau > 55 thn, laki-laki, memiliki keturunan kanker ini, menderita infeksi virus EBV, dan memiliki daya tahan tubuh yang lemah) dan kanker getah bening non Hodgkin (menderita penyakit autoimun, berusia > 60 thn, memiliki riwayat terpapar radiasi, obsesitas, riwayat leukemia, infeksi virus hepatitis C dan EBV, dan infeksi bakteri pylori). Gejala dari kanker kelenjar getah bening yaitu penurunan berat badan berlebih, demam, mudah lelah, sesak napas, gatal-gatal, keringat dingin, pembesaran kelenjar getah bening.

Bengkak setelah mengalami operasi kelenjar getah bening merupakan hal yang wajar karena masa pemulihan operasi butuh waktu 1 sampai 4 minggu. Proses penyembuhan tergantung dari penyebab limfadenopati, cara perawatannya, dan kondisi fisik kesehatan pasien. Jika bekas operasi mengalami kemerahan dan nyeri, maka itu menandakan adanya infeksi sekunder. Infeksi yang muncul akibat luka bekas operasi yang kurang adekuat. Infeksi sekunder ini juga bisa menimbulkan demam, bengkak pada bekas operasi, dan mengeluarkan sekret dari luka. 

Untuk meminimalisir kondisi bengkak, Anda bisa melakukan hal-hal berikut ini di rumah:
  • Minum paracetamol jika nyeri
  • Rajin membersihkan luka
  • Jangan memegang luka dengan tangan yang kotor
  • Jangan mengurut daerah luka bekas operasi
  • Istirahat yang cukup dan tidur di alas yang datar dengan bantal yang tidak tinggi
  • Banyak makan dan minum yang bergizi

Jika tidak ada perubahan dan bengkak ini sampai mengganggu aktivitas, saya sarankan untuk konsultasi ke dokter bedah yang menangani operasi Anda waktu itu.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tanda-tanda kanker pada pria biasanya adalah hal yang diabaikan, seperti nyeri, sakit maag yang tak kunjung sembuh, dan sulit menelan

15 Gejala Kanker yang Tidak Boleh Diabaikan Pria

Kanker adalah penyakit mematikan yang butuh waktu lama untuk ditangani. Khusus untuk pria, gejala kanker pada pria dapat berupa sesuatu yang sering diabaikan, seperti nyeri pada tubuh, perubahan kulit dan kelenjar getah bening, sulit menelan, dan kehilangan berat badan.