Menjalani hubungan jarak jauh

AA Info Penanya: AA, Wanita, 20 Tahun
Dok gmna sih cara pacaran yg sehat ? Secara saya dan doi ldr, dan saya tipe orang yg kalo udah kangen bawaanya marah". Wajar ngak sih dok begitu? Ataukah mental saya terganggu ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AA,

Hubungan jarak jauh atau long distance relationship/LDR merupakan salah satu hal yang memiliki tantangan beragam. Mulai dari jarak yang jauh, tidak bisa bertemu satu sama lain dalam waktu yang beragam, masalah kepercayaan dan lainnya.

Apabila sering kali merasakan kangen itu merupakan hal yang wajar, tetapi jika menimbulkan masalah seperti sulit mengendalikan emosi, menjadi sering marah-marah bisa merupakan bentuk ekspresi atau penyaluran emosi yang bisa wajar, tetapi jika berlebihan tentunya bisa tidak wajar.

Saat ini hubungan LDR sendiri bisa dijalani dengan beberapa kemudahan seperti sudah lebih mudahnya melakukan komunikasi baik dengan telepon, pesan singkat, panggilan video, ataupun beragam kemudahan transportasi untuk bisa berpindah ke satu tempat. 

Untuk itu coba bangun komunikasi dan kepercayaan yang lebih baik dan coba kendalikan emosi dengan beberapa cara seperti:

  • Perhatikan apa penyebabnya dan kelola dengan baik
  • Cari cara untuk menenangkan diri
  • Alihkan atau lampiaskan emosi dengan cara yang lebih sehat, bisa dengan melakukan kegiatan yang produktif, bisa berolahraga dan lainnya
  • Coba berbagi cerita dan mencari bantuan pada orang yang dipercaya untuk membantu mengurangi emosi dan melegakan perasaan

Jika sering kali sulit mengendalikan emosi, ada baiknya juga bisa berkonsultasi pada profesional seperti pada psikolog atau psikiater. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Friendzone adalah situasi terjebak dalam pertemanan dengan orang yang disukai

6 Tanda Friendzone Adalah Fase Hubungan yang Anda Jalani

Friendzone adalah situasi yang tidak mengenakkan dalam hubungan pertemanan dengan orang yang disukai. Jika ingin menghindari hal ini, ada tips yang dapat Anda jalankan.