27 Jun 2020, 11:35Saraf

Apa yang dimaksud dengan bell's palsy?

R
Info Penanya: R, Wanita, 17 Tahun
Dok, saat bangun tidur pagi tadi, saya merasa kalau wajah saya bagian sebelah kanan terasa berat. mulai dari mata yang lebih mudah tertutup rapat daripada sebelah kiri, dan mulut yang lebih sering dan aktif ke arah kanan. apa yang dimaksud dengan yang saya derita ini, dok?
7396 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, R.Bell's palsy adalah kondisi lumpuhnya satu sisi wajah karena peradangan atau penekanan pada saraf wajah. Biasanya, kondisi ini disebabkan oleh virus maupun bakteri. Bell's palsy dapat menyerang siapa saja, tetapi yang paling sering terkena adalah mereka yang berusia 16-60 tahun.

Gejala Bell's Palsy

Gejala yang dialami seseorang adalah kekakuan pada satu sisi wajah, bisa kanan maupun kiri. Secara spesifik, berikut hal-hal yang dirasakan:
  • Sulit atau tidak berkedip pada sebelah mata
  • Mulut miring (mengot) ke satu sisi
  • Rasa baal atau kebas pada sisi yang terkena
  • Nyeri pada rahang atau sekitar telinga
  • Mengalami kesulitan untuk makan atau minum
Bell's palsy biasanya jarang menyebabkan komplikasi kebutaan. Kebanyakan kasus akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu kurang lebih satu bulan. Tetapi, karena hal ini tentunya menyebabkan rasa tidak nyaman, Anda dapat berkonsultasi ke dokter spesialis saraf untuk mendapatkan obat-obatan yang dapat meringankan gejala, seperti tetes mata atau pereda nyeri.Selain terapi dari dokter, hindari juga paparan angin ke wajah, seperti pada saat naik motor tanpa helm full face. Lalu, ke depannya, jagalah kesehatan sistem saraf Anda dengan mengonsumsi makanan yang kaya vitamin B, seperti alpukat atau nutritional yeastSemoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
masalah sarafbell’s palsysistem saraf
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil