30 Mar 2021, 12:44Kulit & Kelamin

Wajah menjadi bengkak akibat krim

UN
Info Penanya: UN0
Maaf dok mau tanya setelah syaa memakai cream Bru 1hari wajah langsung bengkak pipi mjdi cabi apakah TDK cocok dg cream trsbt
194 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam UN,Wajah bengkak adalah keluhan yang disebut dengan istilah edema. Edema sendiri adalah kondisi yang disebabkan oleh beragam kondisi seperti misalnya alergi, cedera, peradangan ataupun karena masalah lain seperti misalnya luka bakar.

Cara penanganan wajah bengkak

Apabila sebelumnya menggunakan krim yang baru dicoba, hal ini seringkali bisa karena alergi ataupun iritasi yang disebut dengan dermatitis kontak iritan. Untuk menanganinya perlu dilakukan beberapa cara seperti:
  • Hentikan krim yang digunakan tersebut
  • Minum obat antihistamin seperti chlorphenireamine maleat
  • Kompres wajah dengan air dingin
  • Jika kelopak wajah bengkak, bibir bengkak, mengalami sesak, keringat dingin segera periksakan karena bisa merupakan reaksi alergi yang lebih berat
Untuk berikutnya, jika membeli krim perawatan kulit atau wajah pastikan produknya aman dan terdaftar pada BPOM. Perhatikan juga kandungan skincare tersebut apakah mengandung bahan yang berbahaya atau tidak. Bisa juga untuk berikutnya apabila menggunakan produk baru bisa tidak langsung digunakan di wajah, tapi gunakan dulu pada kulit lengan agar apabila ada reaksi alergi tidak begitu berat. Periksakan pada dokter kulit jika keluhan tidak membaik dalam beberapa hari. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
alergiproduk kecantikanpembengkakandermatitis kontak
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil