29 Oct 2020, 17:50Kulit & Kelamin

Jerawat pada wajah menjadi hitam dan lebam

SU
Info Penanya: SU0
Selamat sore dok, Jadi begini saya baru saja memencet jerawat yang sudah bertahun, jerawat itu cukup besar ketika saya pencet keluar kaya kasar nerwarna kuning bukan seperti nanah. Dan setelah beberapa saat keluar keringat atau cairan bening dari pori pori di sekitar area jerawat yang saya pencet tadi setelah itu tampak luka di tempat saya memencet wajah dan beberapa jam kemudian muncul warna hitam seperti lebam di area tempat jerawat saya tersebut. Jadi apa yang harua saya lakukan dok selanjut
306 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat pagi SU,Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang bisa terjadi pada siapa saja terutama pada masa puber. Jerawat sendiri bisa beragam jenis dan bentuknya. Selain jerawat, benjolan di kulit juga bisa disebabkan oleh kemungkinan lain seperti:
  • Kista atau adanya benjolan dibawah kulit
  • Molluscum contagiosum
  • Benjolan lemak atau lipoma
  • Keratosis atau penebalan kulit
  • Infeksi virus lain seperti kutil
  • Skin tag
Untuk itu jika memencet benjolan tetapi yang keluar adalah benjolan berwarna kuning maka bisa bukan jerawat yang menjadi penyebabnya. Jika setelahnya menjadi hitam dan lebam bisa karena terjadi peradarahan ketika memencet benjolan tersebut. Ada baiknya segera memeriksakan diri pada dokter atau dokter kulit untuk dipastikan apa penyebab benjolannya dan dilakukan penanganan untuk luka yang terjadi.Untuk sementara bisa kompres dengan es untuk luka yang lebam tersebut, hindari memencet jerawat kembali, dan juga bisa menggunakan salep antibiotik untuk penanganan sementara dan segera memeriksakan diri pada dokter. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
jerawatbenjolkulit dan kecantikan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil