Wajah berjerawat dan flek hitam

DJ Info Penanya: DJ, Pria, 26 Tahun
Selamat mlm dok. Saya mau tanya dulu muka saya mulus dan nggak jerawatan... sekarang jerawat, terus saya coba pake bedak untuk ngilangin jerawat bukanya sembuh mala wajah saya iritasi dan timbul pilek hitam yg tebal...kira2 bagi mana cara mengatasinya..?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DJ,

Permasalahan pada kulit memang tidak mengenal usia dan jenis kelamin, dimana salah satu keluhan yang paling sering adalah jerawat. Jerawat sendiri bisa timbul karena banyak hal seperti kebersihan kulit yang tidak terjaga baik, efek penggunaan produk perawatan atau kosmetik, paparan alergen seperti debu, infeksi bakteri, pengaruh hormonal, kondisi psikologis seperti stres dan penyebab lainnya. Flek hitam sendiri juga bisa timbul karena paparan matahari, pengaruh obat ataupun penggunaan produk perawatan dan kosmetik ataupun karena penyakit lainnya.

Untuk mengatasi jerawat perlu dilakukan beberapa upaya seperti menghentikan penggunaan produk perawatan dan kosmetik yang bisa memicu jerawat dan flek, hindari paparan matahari secara langsung dalam waktu lama, bersihkan wajah menggunakan sabun pembersih yang seusai dengan jenis kulit, gunakan tabir surya dan juga bisa menggunakan krim antijerawat yang dijual dengan kandungan benzoil peroksida, asam salisilat ataupun dengan menggunakan bahan alami.

Jika tidak ada perbaikan atau perubahan maka perlu dilakukan pemeriksaan pada dokter kulit atau dokter kecantikan agar diberikan penanganan yang tepat baik pemberian obat ataupun tindakan perawatan seperti mikrodermabrasi, chemical peeling, perawatan laser ataupun tindakan lainnya sesuai dengan kondisi kulit Anda. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Komedo dapat dihilangkan dengan menggunakan cleansing, pembersihan manual, obat-obatan di apotek, atau mikrodermabrasi

7 Cara Menghilangkan Komedo Membandel pada Wajah

Cara menghilangkan komedo dapat dilakukan dengan menggunakan cleansing, pembersihan manual, obat-obatan di apotek, obat-obatan dari dokter, hingga cara yang memakan biaya cukup tinggi, seperti mikrodermabrasi dan terapi laser/cahaya.