Bagaimana cara menghilangkan jerawat dan komedo hitam?

SU Info Penanya: SU, Pria, 46 Tahun
HAI saya mempunyai jerawat di wajah dan di punggung saya ditambah lagi komedo hitam.saya ydah coba beberapa produk penghilang jerawat tapi gagal terus kirakira saya harus bagaimana
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, SU.

Menginginkan kulit yang sehat adalah idaman semua orang. Sayangnya, tak jarang masalah kulit muncul, seperti jerawat. Nah, jerawat adalah peradangan yang disebabkan karena minyak dan sel kulit mati yang menyumbat folikel rambut. Ada beberapa jenis jerawat, salah satunya komedo hitam, dimana penyebabnya juga sama.

Beberapa hal yang dapat memicu peradangan tersebut adalah:

  • Infeksi bakteri Propionibacterium acnes
  • Sering mengonsumsi makanan tertentu, misalnya produk susu
  • Menggunakan produk perawatan atau make up yang tidak sesuai dengan jenis kulit
  • Perubahan hormon, misalnya saat akan menstruasi
  • Stres atau tekanan psikologis yang berlebihan
  • Terpapar debu, asap, dan polusi, atau sarung bantal dan sprei yang kotor

Agar jerawat bisa hilang sepenuhnya, perlu dilakukan perawatan kulit dari dalam seperti mengonsumsi makanan bergizi yang kaya vitamin E dan air putih yang cukup. Jangan lupa lakukan olahraga rutin agar peredaran darah dapat lebih lancar.

Lalu, lakukan juga perawatan kulit dari luar dengan cara memilih produk perawatan yang cocok dengan jenis kulit Anda. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan masker wajah dari bahan alami, seperti lidah buaya, putih telur, madu, yogurt, tea tree oil, dan cuka apel.

Apabila tak kunjung membaik, ada baiknya Anda langsung berkonsultasi kepada dokter spesialis kulit dan kelamin, ketimbang mencoba satu demi satu produk yang mungkin saja makin merusak kulit Anda. Nantinya, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang jika diperlukan, dan memberikan terapi yang sesuai. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

jenis-jenis jerawat di hidung

Mengenal Jenis-Jenis Jerawat yang Perlu Diwaspadai

Jenis-jenis jerawat beragam penyebabnya. Jangan sembarangan mengobati, Anda perlu mengetahui penyebab munculnya jerawat dan jenis kulit Anda terlebih dahulu.