Wajah bekas jerawat merah dan gatal-gatal.

IM Info Penanya: IM, Wanita, 30 Tahun
Kenapa ya dok kulit muka saya sisa bekas jerawatnya masih agak merah dan gatal gatalYa
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, IM

Bekas jerawat bisa lebih sulit hilang jika jaringan kulit yang dipengaruhi lebih dalam. Misalnya pada jerawat batu, bekasnya akan menyebabkan jaringan parut seperti bopeng. Sehingga untuk menghilangkannya akan memerlukan lebih banyak usaha dan dedikasi.

Langkah pertama adalah menggunakan obat minum dan salep untuk mengatasi jerawat. Ada macam-macam zat aktif pada produk yang tersedia di pasaran baik yang dijual bebas atau yang memerlukan resep dokter. Berikut artikel mengenai obat yang biasa digunakan Mengenal Berbagai Jenis Pengobatan Jerawat.

Kemudian langkah kedua adalah menggunakan peeling dengan tujuan untuk mengelupas lapisan paling luar dari kulit wajah sehingga akan diganti oleh lapisan yang baru dan masih sehat. Caranya dengan mengoleskan cairan kimia tertentu pada wajah. Selama kulit baru belum terbentuk, kulit wajah akan mengalami kemerahan, nyeri dan gatal. Kondisi ini berlangsung selama beberapa hari hingga 2 minggu.

Langkah ketiga adalah dengan menggunakan mikrodermabrasi atau perawatan dengan laser. Tindakan ini dapat dilakukan dengan bantuan Dokter Spesialis Kulit dan Klinik Khusus Kecantikan. 

Saya lampirkan juga beberapa bahan alami yang bisa digunakan pada artikel Bekas Jerawat Mengganggu? Ikuti 9 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami Ini.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Butylene glycol adalah sejenis alkohol

Berkenalan dengan Butylene Glycol, Si Pelembap yang Termahsyur

Butylene glycol adalah zat yang sering kita temukan pada produk perawatan kulit. Zat ini memiliki kemampuan melembapkan kulit dan juga rambut. Apa fungsi lainnya dari zat ini?