Apa vitamin C yang baik untuk mengatasi sariawan?

M Info Penanya: M
Mau tanya vitamin c yang bagus apa ya untuk sariawan
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang M,

Sariawan adalah gangguan pada dinding mulut yang bisa terjadi karena trauma seperti tergigit, terkena sikat gigi, terjatuh, terkena kawat gigi, infeksi jamur, gangguan nutrisi dan beragam faktor lain. Untuk mengatasinya dapat dilakukan beberapa upaya seperti berkumur menggunakan obat kumur, perbanyak minum air putih, hindari pencetusnya, bisa juga menggunakan obat oles khusus dan juga jaga asupan nutrisi terutama vitamin C dan vitamin B kompleks.

Vitamin C dan vitamin B kompleks sendiri bisa didapatkan dari asupan sehari-hari terutama dari konsumsi sayur dan buah-buahan. Jika kurang mengonsumsi sayur dan buah bisa juga mengonsumsi suplemen vitamin. Kebutuhan vitamin C harian seseorang sendiri adalah 90 mg per harinya pada orang dewasa. Jadi kebutuhannya sebenarnya bisa tercukupi dari asupan harian.

Jika mengonsumsi suplemen vitamin C perlu perhatikan beberapa hal seperti dosis suplemen, bentuk suplemen, dan juga apakah suplemen memiliki rasa asam atau bisa memicu asam lambung dimana perlu lebih diperhatikan terutama jika memiliki masalah pencernaan. Jika mengalami gejala nyeri perut, diare, mual, dada terasa panas, atau lainnya maka bisa saja timbul karena kelebihan asupan vitamin C. Vitamin C dalam jumlah besar juga bisa meningkatkan risiko batu ginjal. 

Jika sariawan masih menetap dan sering kali kambuh, periksakan diri pada dokter atau dokter gigi untuk mencari tahu apa pemicunya dan mengatasinya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kandungan vitamini C memungkinkan Anda untuk memperoleh manfaat jeruk nipis untuk wajah

Jangan Sampai Ketinggalan Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah Ini

Jeruk nipis mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan. Dari semua gizi yang terkandung di dalamnya, ada berbagai manfaat jeruk nipis untuk wajah yang mungkin belum banyak orang ketahui.