Vitamin C dapat tangkal DBD. benarkah?

L Info Penanya: L, Wanita, 33 Tahun
Dok, apa DBD bisa dicegah dengan mengkonsumsi vitamin saja? Jika ya, vitamin apa yang diperlukan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore L,

Demam berdarah adalah salah satu penyakit yang seringkali muncul saat musim penghujan, karena saat musim penghujan akan banyak nyamuk yang berterbangan seperti nyamuk Aedes Aegypti.

Perlu diketahui bahwa penyakit demam berdarah ini disebabkan oleh infeksi virus Dengue. Suatu penyakit yang disebabkan oleh virus maka daya tahan tubuh yang baik sangat diperlukan, karena lebih bersifat akan sembuh sendiri bila daya tahan tubuh baik. Obat-obatan hanya menunjang proses penyembuhan dan meredakan gejalanya saja.

Untuk menunjang agar daya tahan tubuh baik tentunya dibutuhkan:

  • Nutrisi yang baik dari protein, dan sayur-sayuran serta buah yang kaya vitamin C dan antioksidan.
  • Cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan banyak minum air putih.
  • Tidur secara teratur.
  • Olahraga ringan 30 menit setiap hari agar badan lebih bugar.

Salah satu buah yang dipercaya dapat menyembuhkan demam berdarah adalah jambu biji. Buah ini memang memiliki banyak kandungan vitamin seperti A, C, dan mineral seperti kalium, magnesium, zat besi,dll. Karena kandungan inilah jambu biji dapat meningkatkan daya tahan tubuh orang yang sedang sakit. Namun bukan secara spesifik menyembuhkan demam berdarah. Anda juga bisa memilih buah-buahan yang lain.

Lakukan pola hidup sehat dan lakukan pemeriksaan ke dokter bila Anda mengalami demam lebih dari 3 hari dan tidak membaik dengan obat-obatan sederhana.

Salam sehat,

dr. Vina

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada banyak manfaat jahe merah untuk kesehatan tubuh

Bisa Naikkan Libido, Ini 5 Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan

Tak hanya menghangatkan badan, manfaat jahe merah untuk kesehatan cukup banyak. Manfaat tersebut meliputi meredakan mual hingga meningkatkan gairah seksual.