23 Mar 2020, 22:00Infeksi

Apa yang terjadi jika ada dua virus di dalam tubuh?

MS
Info Penanya: MS0
Dok.. Apa yang akan terjadi ketika 2 Virus ada dalam tubuh.? Apakah ke 2 Virus itu akan sama2 berada dalam Tubuh, atau Mereka Saling mengalahkan satu sama lain sehingga Hanya 1 Virus yang tersisa.?
16488 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, MS.Virus adalah mikroorganisme sangat kecil dan hanya dapat dilihat dengan mikroskop elektron, yang menginfeksi tubuh makhluk hidup baik manusia, hewan, ataupun bakteri. Masih menjadi perdebatan para ahli, apakah virus dapat disebut hidup juga atau tidak, karena virus hanya dapat berkembang biak di dalam sel makhluk hidup. Virus memiliki materi genetik DNA atau RNA, dan diselubungi oleh protein yang bernama kapsid. 

Berdasarkan cara menginfeksinya, virus dapat dibagi menjadi dua, yaitu:

  • Virus yang menyebabkan infeksi cepat, seperti virus influenza atau polio. Beberapa virus-virus jenis ini bisa mengakibatkan cacat total, infeksi kronis, ataupun kematian.
  • Virus yang menyebabkan infeksi kronis. Infeksi dapat berlangsung selamanya seperti HIV (Human Immunodeficiency Virus), atau sempat silent namun kambuh kembali saat kekebalan tubuh menurun, seperti cytomegalovirus.
Cara mencegah agar tidak terserang virus adalah dengan vaksinasi. Beberapa vaksin pencegahan virus sudah tersedia, misalnya vaksin varicella (cacar air) dan vaksin HPV (Human Papilloma Virus).Nah, terkait pertanyaan Anda, adalah mungkin ada dua atau lebih virus dalam satu tubuh yang bersamaan. Sebagai contohnya, pada manusia penderita AIDS yang disebabkan oleh virus HIV, bisa menderita herpes atau influenza juga.Terima kasih atas pertanyaan Anda di forum SehatQ, semoga apa yang telah disampaikan bermanfaat untuk Anda. Salam sehat,
dr. Sylvia V
hivinfeksi viruscytomegalovirus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil