Virus corona dan penyebarannya

CW Info Penanya: CW
Corona virus. Selamat pagi dok. Anjuran urtuk berkumpul dan jaga jarak, untuk memutus rantai virus corona. kalau ditempat umum bisa dilakukan.Bagaimana kalau dirumah yang terdapat keluarga lebih dari lima orang.dan keluarga tersebut dipastikan sehat.Apakah virus korona bisa dijangkitkan oleh orang sehat, atau bisa terjangkit bila keluarga kumpul pada waktu acara makan siang atau makan malam atau ngbrol diruang keluarga sambil nonton tv?Terima kasih kasih untuk jawaban dan penjelasan
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang CW,

Virus corona adalah virus yang menyebar dengan cepat dan menyerang saluran pernapasan. Virus corona atau COVID-19 ini menular melalui percikan ludah atau droplet saat batuk, bersin, atau berbicara dimana droplet ini juga bisa menempel pada benda dan bila terbawa masuk ke saluran pernapasan bisa menimbulkan infeksi.

Untuk itu penting melakukan pencegahan dengan cara:

  • Menjaga kebersihan diri
  • Rajin mencuci tangan dengan sabun dan air bersih
  • Hindari menyentuh wajah jika belum cuci tangan
  • Menerapkan etika batuk dan bersin yang baik
  • Jaga kebersihan lingkungan rumah,
  • dan lakukan social distancing.

Dalam hal ini apabila di rumah ada beberapa orang, perlu juga melakukan distancing seperti tidak mengobrol dengan jarak yang dekat, bisa makan dengan jarak 1-2 meter, makan bersama tetapi bisa tidak satu meja makan, bisa juga makan secara bergantian, serta perhatikan untuk tidak berbagi tempat atau alat makan yang sama. Terutama penting menjaga jarak dengan lansia ataupun anak kecil.

Saati ini memang perlu diwaspadai jika memiliki gejala dan juga riwayat kontak baik ke daerah yang terjangkit infeksi virus ataupun dengan orang yang baru kembali dari daerah yang terjadi infeksi virus. Pada beberapa laporan kasus juga bisa terdapat penularan dari orang yang tidak bergejala pada orang lain, untuk itu penting melakukan distancing terutama pada jarak bisa terjadinya penularan. 

Penting juga menjaga kesehatan diri dengan mengonsumsi makanan bernutrisi, cukup istirahat, kelola stres, konsumsi tambahan vitamin seperti vitamin C dan E, serta upayakan hindari banyak interaksi terutama untuk lansia dan anak. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P. 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ibu hamil tidak akan menularkan COVID-19 pada janin

Bisakah Ibu Hamil Menularkan Virus Corona ke Janin yang Dikandungnya?

Kekhawatiran akan kasus COVID-19 juga tentunya dirasakan oleh ibu hamil. Tak sedikit ibu hamil yang berpikir bahwa virus corona mungkin saja dapat menyerang janin yang ada di dalam kandungannya. Lantas, benarkah demikian?