Apa penyebab demam?

AN* Info Penanya: AN*, Pria, 25 Tahun
Mau nanya dok, sekarang lagi marak virus ni.. Apakh kalo ada gejala batuk.demam, hrs segera di periksa.... Walaupun tdk pernh terpapar dng sang penderita viruss
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang RM,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Demam adalah kondisi meningkatnya suhu tubuh hingga lebih dari 380C. Demam umumnya terjadi sebagai reaksi dari sistem imun dalam melawan infeksi virus, bakteri, jamur, atau parasit penyebab penyakit. Beberapa penyakit yang sering menyebabkan demam adalah flu, radang tenggorokan, dan infeksi saluran kemih.

Demam biasanya akan menimbulkan gejala seperti berkeringat, badan mengigil, lemas, nyeri otot, dehidrasi, dan lain sebagainya. Gejala demam yang perlu di waspadai adalah jika menimbulkan leher kaku, timbul bercak-bercak kemerahan dikulit, sesak napas dan menimbulkan kejang.

Jika Anda mengalami demam sebaiknya :

  • Melakukan kompres hangat di bagian dahi dan ketiak
  • Istirahat dan tidur yang cukup minimal 8 jam / hari
  • Banyak minum air putih untuk menghindari dehidrasi
  • Pemberian obat-obatan seperti turun demam seperti paracetamol

Jika Demam Anda tidak turun-turun selama 3 hari sebaiknya periksakan diri ke rumah sakit untuk memastikan penyebab dari demam yang Anda alami.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Roseola infantum, penyakit yang rentan menyerang balita

Roseola Infantum, Penyakit yang Rawan Diderita Anak Usia Empat Bulan hingga Empat Tahun

Gejala ruam dan demam tidak hanya dialami oleh penderita cacar air ataupun campak, tetapi juga dialami oleh penderita roseola infantum. Penyakit roseola infantum umumnya menyerang anak-anak dan diawali dengan demam yang kemudian memunculkan ruam-ruam berwarna merah muda pada kulit anak.