Bagaimana cara mencegah virus corona?

A Info Penanya: A, Pria, 17 Tahun
cara mengatasi virus corona
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi A,

Virus corona atau yang disebut dengan COVID 19 adalah virus yang cukup mematikan dan penyebarannya berasal dari China yang saat ini penularannya bisa terjadi dari manusia ke manusia. Cara penularannya sendiri melalui percikan air ludah dari penderita virus corona ke orang lain yang masuk melalui mukosa bibir, hidung, dan mata.

Untuk gejala spesifik penderita virus corona sendiri tidak ada, gejala secara umum akan sama dengan infeksi pernapasan lainnya seperti batuk, pilek, demam, sesak napas, dan nyeri menelan atau sakit kepala. Namun ada riwayat kontak dengan orang yang baru pulang dari negara-negara yang sudah terjangkit virus corona, atau penderita sendiri baru pulang bepergian dari negara-negara tersebut.

Yang penting diperhatikan adalah meningkatkan daya tahan tubuh Anda, karena sejauh ini belum ada vaksinasi pencegahan untuk virus corona sendiri.

Anda dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda dengan cara :

  1. Makan secara teratur, perbanyak asupan sayur dan buah.
  2. Minum air putih yang banyak.
  3. Menggunakan penutup atau masker bila beraktivitas diluar rumah untuk menghindari percikan air ludah orang lain ketika orang tersebut batuk atau bersin.
  4. Tutup dengan tisue/ saputangan/ lengan baju bagian dalam ketika Anda sedang batuk atau bersin, jangan menutup menggunakan tangan.
  5. Rajin mencuci tangan baik dengan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer.
  6. Hindari kebiasaan menyentuh area wajah.
  7. Cukup istirahat dan jangan begadang.
  8. lakukan olahraga secara teratur.

Bila ada gejala batuk pilek yang disertai dengan sesak napas dan ada riwayat kontak maka segera lakukan pemeriksaan ke Rumah Sakit terdekat agar bisa segera ditangani.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab pilek biasanya merupakan virus, sementara sinus bisa juga disebabkan oleh pilek

Ketahui Penyebab Pilek dan Sinus Sebelum Berakibat Fatal

Pilek dan infeksi sinus jelas berbeda. Pilek biasanya terjadi hanya beberapa hari. Penyebab pilek biasanya merupakan virus, namun juga dipengaruhi faktor lain seperti usia, sistem imun, waktu, merokok, dan paparan. Sementara itu, sinus sembuh lebih lama dan memiliki gejala yang lebih parah.