09 Dec 2020, 02:01Kepala

Bagaimana menyembuhkan vertigo?

AA
Info Penanya: AA0
Malam dok saya ingin menanyakan keluhan yg terjadi pada ibu saya. Sebelumnya ibu saya sdh berobat di klinik dan RS, dan ibu saya mengalami sakit vertigo dok . Pada umumnya sakit vertigo karna kurang istirahat, dan sdh 2 minggu ibu saya belum sembuh sembuh, kepala nya sering terjadi pusing dan urat kepala ketarik sebelumnya badan panas dan sering mual mual . Bagaimana dok cara penyebuhannya?
363 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Constantia Evelin Kwandang
(0)
Halo A, saya akan membantu menjawab pertanyaan Anda.
Vertigo bukanlah nama penyakit melainkan kumpulan gejala yang umumnya ditandai dengan pusing, rasa berputar dan kehilangan keseimbangan. Gejala ini juga dapat diikuti dengan mual, muntah, keringat berlebihan, nyeri kepala, telinga berdenging, serta gerakan bola mata yang tidak wajar (nistagmus).
Vertigo dapat hilang timbul dan bisa saja membaik tanpa pengobatan, namun diperlukan istirahat yang cukup agar otak dapat menyesuaikan diri dengan perubahan pada telinga bagian dalam. Bila keluhan tidak dapat menghilang dengan istirahat, dokter mungkin akan meresepkan obat untuk diminum sewaktu-waktu vertigo kambuh.
Pada beberapa orang, vertigo tidak bisa sembuh dan dapat kambuh sewaktu-waktu. Pada kondisi yang parah, dokter akan menyarankan untuk melakukan terapi rehabilitasi vestibular jika keluhan pusing disertai dengan kesulitan menjaga keseimbangan tubuh. Dokter juga akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut jika di curigai vertigo disebabkan oleh tumor atau cedera kepala. Jika disebabkan oleh tumor, perlu dilakukan operasi untuk menghilangkan penyebab vertigo.Bila badan terasa panas atau demam, pasien dapat menggunakan obat paracetamol, yang sekaligus dapat meredakan nyeri kepala. Keluhan yang terus menerus dan tidak dapat hilang dengan obat, perlu dikonsultasikan ke dokter THT. Salam sehatdr. Evelin Kwandang
vertigosakit kepalapenyakit meniere
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil