Vertigo disertai kehilangan keseimbangan dan sulit bernapas

SU Info Penanya: SU, Wanita, 20 Tahun
Hallo, sy saya perempuan usia 20 thn, di diagnosa mengalami vertigo sekitar 5 bulan yang lalu sementara gangguan seperti ini sudah saya rasakan sekitar 2 tahun terakhir. Ayah sy jg vertigo. Penyebabnya belum diketahui. Serangan vertigo kerap saya alami satu bulan bisa 2 hingga 3 kali. kepala pusing seperti diikat dengan kencang, dada saya sesak dan sulit bernapas, mual hingga kehilangan keseimbangan. Karena yg saya ada kemungkinan pd tht atau sarafTerima kasih dokter ??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang D,

Vertigo adalah gangguan kesehatan yang bisa dirasakan dengan gejala pusing berputar, rasa tidak seimbang, mual, muntah sampai bisa pingsan. Vertigo sendiri ada seringnya timbul akibat beberapa penyebab seperti kebiasaan sehari-hari yang kurang baik misalnya kurang tidur, makan tidak teratur, aktivitas fisik yang melelahkan, ataupun juga karena gerakan yang menimbulkan gangguan organ keseimbangan misalnya gerakan yang terburu-buru dan membuat kepala berubah posisi secara cepat seperti dari posisi tidur ke berdiri misalnya.

Vertigo sendiri ada yang disebut vertigo perifer dan vertigo central. Paling banyak terjadi adalah vertigo perifer akibat gerakan kepala yang cepat. Sedangkan pada vertigo central keluhannya bisa lebih berat tapi lebih singkat durasi serangannya dan juga bisa disertai adanya gangguan pendengaran. Vertigo juga bisa timbul karena penyakit lain mulai dari gangguan telinga sampai stroke, untuk itu tidak boleh disepelekan. 

Cara mengatasi vertigo

Untuk itu apabila sering kali kambuh, perlu perhatikan apa penyebabnya dan hindari. Upayakan juga memperbaiki kesehariannya. Beberapa upaya yang bisa dilakukan diantaranya adalah:

  • Jangan tidur terlalu larut, usahakan tidur cukup 7-8 jam perhari
  • Hindari aktivitas berat
  • Hindari gerakan tiba-tiba seperit misalnya dari tidur ke berdiri atau saat menengok kanan dan kiri
  • Minum air putih minimal 2 liter perhari
  • Jangan terlambat makan

Perlu periksakan diri pada dokter spesialis saraf atau dokter spesialis THT untuk mendapatkan penanganan lanjutan. Sering kali vertigo tidak bisa benar-benar disembuhkan tetapi bisa dikelola agar tidak sering kambuh. Perlu juga menyiapkan obat antimotion sickness untuk mengatasi gejala yang bisa menyerang. Nantinya jika sedang tidak ada gejala, bisa juga melakukan latihan dengan gerakan khusus seperti laihtan brandt daroff agar vertigo tidak sering kali kambuh. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab pusing yang dialami dapat berasal dari reaksi alergi dan obat yang dikonsumsi.

Ternyata Pusing Bisa Disebabkan Obat dan Alergi, Ini Alasannya

Seringkali Anda mengalami pusing tanpa mengetahui penyebabnya. Tanpa disadari, penyebab pusing yang Anda alami dapat berasal dari reaksi alergi dan obat yang Anda konsumsi.