Apakah gejala vertigo?

TJ Info Penanya: TJ, Pria, 32 Tahun
Malam Dok saya mau tanya ibu saya vertigo selama 3 hari dan di iringi dengan diaere ,bisa dijelaskan dok ada gangguan seperti apa
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, TJ

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Vertigo merupakan rasa bertputar atau kehilangan keseimbangan tubuh. Vertigo ini dapat berlangsung selama beberapa menit atau bahkan hingga berhai-hari. Keluhan vertoigo ini biasanya sangat dipengaruhi oleh perpindahan posisi kepala terutama secara mendadak.

Adapun tanda dan gejala lain yang menyerta vertigo diantaranya adalah:

  • Pusing berputar
  • Rasa bergoyang
  • Rasa tidak seimbang (ingin terjatuh)
  • Mual atau bahkan muntah
  • Sakit kepala
  • Telinga berdenging atau dalam istilah medis disebut tinitus

Vertigo sendiri dapat disebabkan oleh beberapa kondisi penyakit seperti,  infeksi pada telinga dalam, penyakit meniere, BPPV, peradangan saraf vestibuler dan lain sebagainya.

terkait dengan keluhan Anda, harus dipastikan terlebih dahulu penyebab dari vertigo yang dirasakan oleh Ibu Anda. Sedangkan untuk keluhan diare, bisa dikarenakan beberapa hal diantaranya dalah keracunan makanan atau bisa juga akibat dari adanya masalah pada organ pencernaan.

Pastikan tetap mengonsumsi makanan bergizi seimbang, hindari makanan yang bersifat asam / pedas / berlemak / berminyak, cukupi kebutuhan cairan harian agar tidak dehidrasi dan hindari perubahan posisi kepala secara mendadak. Jika keluhan tidak membaik atau semakin memeberat segera periksakan ke dokter spesialis penyakit dalam terdekat agar dilakukan pemeriksaan dan tatalaksana yang sesuai dengan eluhan yang dirasakan. 

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sakit kepala tipe ketegangan adalah penyakit kepala paling umum terjadi

Tension Headache, Sakit Kepala Tipe Ketegangan Bagaikan Kepala Terikat

Di antara jenis keluhan sakit kepala, tension headache atau sakit kepala tipe ketegangan adalah yang paling umum terjadi. Gejalanya adalah rasa nyeri di belakang mata, kepala, dan leher. Derajat ketegangannya beragam mulai dari yang ringan hingga intens.