Apa bisa dikatakan hamil?

DJ Info Penanya: DJ, Wanita
Halo dok. Saya mau tanyaSaya haid mulai dri tgl 31 juli sampai 6 agustus dan di tgl 13 agsts sya berhubungan tetapi tidak keluar cairan sama skali dari suami, dan sampe sekrng sya belum haid pdhal biasanya 16 sampai 20 hari stlah haid sudah haid lagi. Apa itu bisa dikatakan hamil dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi DJ,

Siklus haid seorang wanita normalnya berlangsung setiap 21-35 hari sekali. Yang Anda maksud sudah haid lagi dalam waktu 16-20 hari itu dihitung dari awal hari pertama haid, atau hari terakhir saat haid sudah berhenti? Karena semua perhitungan yang benar dilakukan pada HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir) yakni hari pertama saat awal mulai haid.

Bila Anda haid tanggal 31 Juli sampai 6 Agustus dan dianggap siklus haidnya 16 hari sekali, maka seharusnya Anda sudah haid kembali tanggal  16 Agustus. Namun bila Anda menghitung 16 hari sejak tanggal 6 Agustus, maka artinya siklus haid Anda setiap 22 hari sekali.

Bila siklus haid Anda 22 hari sekali dan HPHT tanggal 31 Juli, maka masa subur ada di kisaran tanggal 9-13 Agustus. Dan Anda melakukan hubungan seksual di tanggal 13 Agustus jadi lebih besar kemungkinan terjadi kehamilan karena dalam rentang masa subur Anda, namun bila Anda yakin tidak ada cairan pra ejakulasi yang keluar, maka tidak mungkin hamil. Karena kehamilan bisa terjadi bila ada sperma di dalam cairan praejakulasi atau saat ejakulasi yang masuk ke dalam vagina.

Untuk lebih memastikannya, lakukan tes pack bila sudah 1 minggu terlambat haid. Namun bila hasilnya negatif maka bukan suatu hal yang aneh, bisa saja terlambat haid akibat faktor kelelahan, stres, dll.

Lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan bila masih bingung, dan jangan lupa jalankan pola hidup sehat, dan jangan bergadang.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Preeklampsia adalah keracunan kehamilan

Preeklampsia adalah Komplikasi Serius yang Terjadi pada Kehamilan

Preeklampsia adalah keracunan kehamilan serius pada kehamilan. Risiko preeklampsia adalah berusia di atas 35 tahun, kehamilan pertama, dan gangguan ginjal.