14 Jan 2021, 20:30Penyakit Lainnya

varikokel, bagaimana cara penyembuhannya?

FF
Info Penanya: FF, Pria0
Permisi Dok,saya mau tanya,saya bingung karena saya memiliki varikokel yang sudah parah dok,sudah pernah dioperasi tapi tidak ada perubahan,dan sudah coba berbagai alternatif,mulai dari suntik,sedot darah,pijat belum ada perubahan dok,jika dioperasi kata dokternya tidak mudah dan takutnya berdampak ke testis atau lainnya dok,sementara saya berencana mendaftar kepolisian dok,kira” solusinya bagaimana ya dok?
263 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat pagi FF,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Varikokel merupakan suatu keadaan dimana kantong buah zakar (skrotum mengalami pembengkakan). Skrotum mengandung arteri dan vena, seharusnya pada pembuluh darah ini tidak teraba, namun saat terjadi varikokel, pembuluh darah ini membengkak dan tampak varises seperti pada tungkai. Penyebabnya biasanya adalah adanya sumbatan pada pembuluh darah vena yang tidak berfungsi dengan baik.

Beberapa gejala yang muncul pada varikokel :

  • Rasa yang tidak nyaman pada skrotum
  • Benjolan di salah satu testis
  • Nyeri saat melakukan aktivitas
Untuk mendiagnosis varikokel dokter spesialis urologi biasanya akan melakukan pemeriksaan seperti USG pada skrotum, mengukur volume testis dan pemeriksaan pada sperma. Sebagian besar kasus varikokel tidak berbahaya namun jika varikokel yang menimbulkan rasa nyeri dapat menyebabkan kemandulan dan diharapkan segera mendapatkan pengobatan. Seperti tindakan embolisasi (memasukan selang ke vena untuk memperbaiki aliran darah) atau operasi (mengikat pembuluh darah yang dapat menyebabkan bengkak).Varikokel juga dapat menyebabkan komplikasi seperti mengecilnya testis dan menyebabkan kemandulan. Sehingga sebaiknya lakukan pemeriksaan dan konsultasi secara langsung dengan dokter spesialis urologi terdekat dari lokasi Anda untuk dilakukan penanganan lebih lanjut.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
infeksi saluran kencingskrotum gatalvarikokel
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil