Varikokel bagaimana gejalanya?

AW Info Penanya: AW
Misi dok saya mau nanya dok ini saya cuman praktekan saya mengedan dan melihat testis kendor sebelah yaitu kiri tanpa ad nyeri dan sebagainya apakah itu normal dok atau gejala varikokel? mohon di jawab dok soalnya saya mau tes abdi negara
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AW,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Varikokel merupakan pembengkakan yang terjadi pada kantong skrotum, yang di sebabkan karena pembuluh darah vena yang membesar. Normalnya pembuluh darah tersebut tidak membesar, namun pada keadaan tersebut varikokel dapat menimbulkan kemandulan jika tidak di tangani dengan segera.

Gejala yang sering muncul pada varikokel adalah :

  • Skrotum terasa bengkak disalah satunya
  • Nyeri yang bertambah saat melakukan aktivitas
  • Pembesaran pembuluh darah yang timbul seperti cacing pada skrotum

Sebagian besar disebabkan oleh aliran pembuluh darah tidak lancar atau tersumbat, sehingga dapat menyebabkan pembengkakan pada pembuluh darah tersebut. Berdasarkan keterangan yang Anda berikan belum bisa di pastikan penyebab dari bengkaknya skrotum Anda karena varikokel atau sebab yang lain. Bisa juga seperti hidrokel, hernia, epididimitis, torsio testis dapat menyebabkan kelainan pada testis tersebut. Jadi sebainya periksakan lebih lanjut ke dokter urologi, untuk memastikan penyebabnya.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengapa ukuran buah zakar (testis) besar sebelah tapi tidak sakit

Apakah Buah Zakar Besar Sebelah Itu Normal?

Beberapa pria mungkin saja memiliki sepasang buah zakar yang besar sebelah sejak kecil. Namun, apakah ukuran testis yang besar sebelah itu normal?