Vaqgina terasa sakit dan nyeri juga mengeluarkan keputihan dan gatal

TA Info Penanya: TA, Wanita, 17 Tahun
Dok..Saya mau tanya.vagina saya sakit dan terasa nyeri,vagina saya juga mengeluarkan keputihan dan vagina saya juga terasa gatal.Kira kira apa yang saya alami
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang TA,

Keluhan yang timbul dari kemaluan dapat disebabkan karena kebersihan yang kurang terjaga ataupun faktor lain seperti misalnya sudah aktif secara seksual. Timbulnya keputihan bisa dipicu oleh beragam hal seperti penggunaan pembalut yang lama atau mengandung parfum, penggunaan sabun pencuci khusus untuk daerah kewanitaan, kelembapan area kewanitaan, kurang terjaganya kebersihan, hubungan seks yang tidak aman dan lainnya.

Penyebabnya sendiri bisa karena infeksi bakteri, infeksi jamur, infeksi parasit, penyakit menular seksual dan lainnya. Untuk itu perlu segera dilakukan pemeriksaan pada dokter kulit dan kelamin untuk memastikan penyebabnya dan diberikan penanganan. Nantinya juga bisa dilakukan pemeriksaan sampel cairan keputihan untuk memastikan penyebabnya. Jika penyebabnya adalah infeksi bakteri maka akan diberikan obat antibiotik sedangkan jika penyebabnya adalah jamur maka akan diberikan obat antijamur.

Kami juga menyarankan untuk membaca artikel kesehatan kami mengenai vagina gatal. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bawang putih dan tea trea oil diyakini dapat mengatasi infeksi bakteri vagina

7 Cara Mudah untuk Menghilangkan Keputihan Bau Amis

Keputihan bau amis menandakan ada yang tidak normal dalam tubuh Anda. Biasanya, keputihan abnormal disebabkan oleh vaginosis bakteri. 7 cara mudah ini yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan keputihan bau amis.