VAPE dan rokok

BK Info Penanya: BK, Pria, 21 Tahun
Apakah kalau kita mengkonsumsi VAPE dapat menyebabkan gangguan kesehatan, menimbulkan penyakit, dll, serta gimana pendapat dokter tentang masyarakat yang menggunakan VAPE, mohon penjelasan nya,??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam B,

Berdasarkan keluhan yang anda keluhkan, sampai saat ini tidak ada yang membuktikan bahwa vape lebih beresiko kecil dibandingkan rokok. Kedua jenis ini sama-sama mengandung zat yang berbahaya. Vape memiliki kandungan hampir sama dengan rokok seperti nikotin, asetaldehida, akrolein, propanal, logam berat dan diasetil. Vape tetap mengandung nikotin yang menyebabkan ketergantungan. Sebuah penelitian dalam Toxicology and Applied Pharmalogy melaporkan bahwa hasil gejala yang diakibatkan kedua benda tersebut sama-sama terjadi peradangan dan kerusakan paru.

Pendapat saya, walaupun kedua benda tersebut ada memiliki kandungan yang berbeda. Belum ada bukti nyata bahwa vape lebih aman di banding rokok. Untuk mencegah kerusakan paru di usia lanjut akan lebih baik jika tidak mengkonsumsi kedua benda tersebut. Semoga bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Sylvi

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Rokok bisa menurunkan daya tahan tubuh, sehingga perokok lebih rentan terserang penyakit

Rokok Tidak Hanya Merusak Paru-paru Namun Juga Daya Tahan Tubuh

Tidak hanya paru-paru, rokok juga akan merusak salah satu sistem terpenting di tubuh, yaitu sistem pertahanan tubuh atau imunitas. Artinya, jika memiliki kebiasaan merokok, maka Anda akan lebih mudah terserang penyakit, termasuk penyakit berbahaya.