08 Jun 2020, 19:06Pernapasan

Vaksinasi Pneumonia PPSV23 bisa cegah infeski COVID-19?

RS
Info Penanya: RS, Pria, 51 Tahun
Selamat Sore, Dokter. Boleh tanya apakah ada manfaatnya jika kami melakukan vaksinasi Pneumonia PPSV23 sebagai salah satu tindakan pencegahan thd infeksi COVID-19, mengingat vaksin khusus untuk virus corana baru ini masih belum ada?
7568 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat sore RS,Corona adalah penyakit yang saat ini sangat ditakuti, sehingga setiap orang melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan berbagai upaya lain seperti melakukan vaksinasi agar dapat terhindari dari virus corona.Vaksin Pneumonia PPSV23 adalah salah satu vaksin untuk mencegah penyakit pneumonia, namun pneumonia yang dapat dicegah atau diminimalkan gejalanya disini adalah pneumonia yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus pneumoniae (23 strain bakteri pneumococcus). Sedangkan pada COVID-19, pneumonia terjadi akibat infeksi virus corona, sehingga tentu saja melakukan vaksin pneumonia PPSV23 tidak dapat mencegah penularan COVID-19.Dan perlu diingat bahwa tujuan vaksin adalah merangsang daya tahan tubuh untuk memproduksi antibodi bukan 100% mencegah penyakit sehingga tetap ada kemungkinan untuk terjadinya penyakit, namun karena sudah terdapat antibodi maka penyakit diharapkan tidak terlalu parah bila dibanding dengan orang yang tidak mendapat vaksin.

Yang dapat dilakukan untuk mencegah penularan COVID-19 adalah:

  • Meningkatkan daya tahan tubuh dengan cara makan (banyak makan sayur, buah dan protein), minum, dan tidur secara teratur, jangan bergadang.
  • Lakukan olahraga ringan 30 menit setiap hari.
  • Lakukan social distancing.
  • Selalu gunakan masker bila berpergian atau ada anggota keluarga yang sedang sakit.
  • Biasakan untuk rutin cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir.
  • Hindari menyentuh area wajah.
  • Lakukan etika batuk yang benar dengan cara menutup menggunakan tissue atau lengan atas baju bagian dalam ketika batuk atau bersin agar air liur tidak terpercik kemana-mana, dan segera cuci tangan atau gunakan hand sanitizer.
  • Berjemur sekitar 15 menit untuk menambah vitamin D.
Salam sehat,dr. Vina
vaksin lansiapneumoniacoronavirus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil