12 Feb 2021, 11:05Penyakit Lainnya

Apakah riwayat TB boleh vaksin corona?

HS
Info Penanya: HS0
Dok mohon ijin bertanya, saya pernah mengalami TBC dan udah setahun saya sembuh Namun sekarang ada program vaksinasi Covid dari tempat kerja saya dan di wajibkan karena saya kerja di instansi pemerintahan.. Nah apakah akan berpengaruh/berdampak pada riwayat TB saya dok ? Terima kasih ?
37694 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam, HTerima kasih atas pertanyaan AndaTBC paru adalah suatu penyakit infeksi pada paru yang disebabkan oleh mycobacterium tuberkulosa. Sesorang yang terinfeksi oleh bakteri ini diharuskan mengonsumsi obat dalam kurun waktu tertentu mulai dari 6 bulan atau lebih tergantung dari kondisinya saat dilakukan pemeriksaaan.Vaksin corona, adalah suatu vaksin yang saat ini bisa diberikan kepada masyarakat karena adanya pandemi corona di dunia. Penggunaan vaksin ini di Indonesia diberikan secara bertahap bagi masyarakat indonesia dan dilakukan masing-masing 2 kali pemberian melalui suntikan intramuskuler. Terdapat beberapa syarat untuk bisa melakukan vaksinasi corona

Beberapa syarat untuk melakukan vaksin corona diantaranya adalah:

  • Berusia 18-59 tahun
  • Tidak sedang dalam kondisi demam (suhu tubuh tidak lebih dari sama dengan 37.5 derajat celcius)
  • Tidak menderita diabetes. Namun bila kadar HbA1C pada penderita diabetes mellitus tipe 2 diabwah 58 mmol/mol atau 7.5% maka bisa diberikan vaksin
  • Jika ada menderita penyakit paru seperti asma, COPD, TBC, vaksin corona hanya akan diberikan saat kondisi terkontrol. Pada penderita TBC, yang sedang dalam pengobatan vaksin bisa diberikan minimall 2 minggu sesudah mendapatkan pengobatan OAT (obat anti tuberkulosa)
  • Tekanan darah saat skrining tidak lebih dari 140/90 mmHg
Terkait dengan pertanyaan Anda, alangkah baiknya bila Anda melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis penyakit dalam untuk memastikan bahwa kondisi Anda sudah sembuh total dari penyakit TB paru jika dinyatakan sudah sembuh total, semestinya pemberikan vaksin ini tidak berpengaruh terhadap penyakit TBC. Untuk melakukan skrining mandiri, Anda bisa menggunakan kuesioner iniPastikan Anda tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku, gunakan masker dengan benar, konsumsi makannan bergizi, pastikan sirkulasi udara pada ruangan Anda baik, dan lakukan olahraga ringan dengan rutin.Semoga bermanfaat Salam sehat, dr. Dwiana A Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ. Vaksin COVID-19 saat ini sedang sering banyak di lakukan untuk membantu mencegah penularan virus COVID-19. Pemberian vaksin ditujukan untuk memberikan kekebalan pada tubuh sehingga jika terpapar virus COVID-19 gejala yang di timbulkan tidak separah jika belum COVID.Secara umum efek samping yang ditimbulkan oleh vaksin COVID-19 sama dengan vaksin-vaksin lainnya.

Seperti demam, nyeri pada bekas suntikan, dll. Untuk interaksi vaksin dengan obat lainnya, belum bisa di pastikan secara pasti, karena belum ada laporan terkait hal tersebut. Sehingga konsumsi air kelapa muda juga tidak akan memberikan dampak atau interaksi dengan vaksin COVID-19. Namun sebaiknya perhatikan kondisi tubuh anda setidaknya 24 jam setelah vaksin.

Semoga bermanfaat,
Salam sehat,
dr. Aisyah
 
tbccoronavirusvaksin corona
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil