Vaksin untuk mencegah coronavirus, apakah ada?

N Info Penanya: N, Wanita, 27 Tahun
dok, saya ada perjalanan bisnis ke korea minggu depan. Saya ingin tahu, apakah ada vaksin yang bisa saya dapatkan untuk mencegah saya tertular, dok? Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Siang N,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Novel coronavirus 2019 atau virus corona merupakan salah satu penyakit yang menyerang sistem pernafasan. Virus corona pertama kali ditemukan di kota Wuhan, Cina pada akhir Desember 2019. Gejala yang di timbulkan oleh virus corona ini adalah demam tinggi, batuk, dan sesak napas. Menurut penelitian gejala akan muncul dalam 2 hari-2 minggu setelah terpapar virus corona.

Penularan virus corona pada awalnya ada dugaan bahwa ditularkan dari hewan ke manusia. Namun kemudian diketahui bahwa virus corona menular dari manusia ke manusia melalui ludah atau bersin pasien corona yang tidak sengaja masuk ke mulut, hidung atau mata. Sampai sekarang obat dan vaksin virus corona belum ditemukan.

Namun Anda tidak perlu khawatir jika Anda ingin berpergian ke daerah yang terkena virus corona ada beberapa tips pencegahannya :

  1. Menggunakan masker
    Masker yang bisa digunakan adalah masker bedah dan masker N95. Menggunakan masker di negara yang berisiko terkena virus corona dapat mencegah paparan kuman masuk ke dalam saluran hidung dan mulut.
  2. Rajin mencuci tangan
    Mencuci tangan dengan benar. Cuci tangan dengan sabun setidaknya selama 20 detik. pastikan seluruh bagian tangan dicuci bersih. Jika Anda sering berpergian Anda bisa membawa hand sanitizier untuk membasmi kuman.
  3. Menjaga daya tahan tubuh
    Mengkonsumsi makanan sehat, seperti sayuran dan buah-buahan makanan berprotein seperti telur, ikan dan daging tanpa lemak. Selain itu rajin untuk berolahraga, tidur yang cukup dan mengkonsumsi vitamin.
  4. Mengindari kontak dengan hewan atau manusia yang terkena corona virus
    Corona virus diduga kuat berasal dari kelelawar dan beberapa hewan mamalia dan reptil. Sebaiknya hindari kontak dengan hewan tersebut.

Sebaiknya untuk menghindari virus corona Anda tidak berpergian ke negara yang berpotensi dapat menularkan virus corona. Namun jika Anda tetap ingin berkunjung ke negara tersebut. Sebaiknya terapkan saran-saran saya diatas. Dan jika ada keluhan demam, batuk, pilek dan sesak napas setelah berpergian dari negara tersebut, segera kunjungi rumah sakit atau dokter paru agar dapat dipastikan penyebab dan diberikan penanganan yang tepat.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Panic buying di supermarket dapat dipicu oleh penularan emosi seperti virus yang menjalar

Alasan Psikologis Perilaku Panic Buying di Tengah Wabah Corona

Panic buying mencuat di kalangan masyarakat dunia sejak meningkatnya kasus infeksi corona. Perilaku ini juga dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Apa alasan psikologis di balik panic buying?