11 Sep 2021, 18:13Penyakit Lainnya

Apakah boleh vaksin pertama dan kedua berbeda?

FP
Info Penanya: FP0
Halo dok, mau bertanya Kalau saya vaksin pertamanya sinovac boleh gak vaksin ke dua nya vaksin lain seperti Astra? Apakah akan ada efek samping dok?
184 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam. FTerima kasih atas pertanyaan AndaVaksin merupakan salah satu tindakan medis yang dilakukan dengan tujuan agar tubuh memiliki antibodi yang spesifik terhadap penyakit tertentu. Saat ini Indonesia sedang melakukan vaksin covid secara bertahap.  Saat ini terdapat beebrapa vaksin covid yang tersedia di Indonesia seperti sinovac, astrazenecca, pfizer, sinopharm, dan lain sebagainya.

Berbeda merek vaksin, apakah boleh?

Terkait dengan apa yang Anda tanyakan, saat ini WHO dan KEMENKES belum merekomendasikan terkait perbedaan merek vaksin pertama dan kedua dengan merek vaksin yang berbeda. Rekomendasi saat ini adalah setiap orang yang melakukan vaksin, pada dosisi pertama dan dosis kedua menggunakan merek vaksin yang sama. Sehingga, misal suntikan pertama yang Anda dapatkan adalah sinovac, maka dosis kedua juga harus sinovac. 

Apakah ada efeksamping apabila vaksin pertama dan kedua berbeda merek?

Saat ini masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui apakah efeksamping yang akan terjadi bila dilakukan vaksin pertama dan kedua dengan menggunakan merek vaksin yang berbeda. Oleh sebab itu, pastikan sebelum Anda melakukan vaksin, ketahui vaksin yang digunakan dan pastikan juga kapan Anda harus melakukan vaksin dosis kedua serta pastikan menggunakan vaksin yang sama seperti saat vaksin pertama.Tetap terapkan perotokol kesehatan yang berlaku, atasi stres, hindari kelelahan, gunakan masker dengan baik, konsumsi makanan bergizi, hindari kerumunan dan jaga kebersihan tubuh. Periksa ke dokter jika ada keluhan kesehatan.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
tips kesehatancoronavirusvaksin corona
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil