04 Sep 2021, 20:25Pernapasan

Vaksin apakah boleh jika sedang pengobatan TBC paru?

CP
Info Penanya: CP0
Dok sy LG pengobatan TB paru,apakah bisa sy vaksin,besok pagi sy mau vaksin apa boleh sebelum vaksin minum obat TB paru dulu, mohon penjelasannya dokter?
446 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo C,Penyakit tuberculosis atau biasa disebut dengan TBC merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri yang dapat menyerang kelenjar, paru-paru, atau organ lain dalam tubuh. Penyakit ini jika menyerang organ paru maka menyebabkan gejala batuk lama disertai keringat malam, penurunan berat badan, dan memerlukan pengobatan dengan OAT selama 6 bulan atau lebih tergantung keparahan penyakitnya.

TBC boleh vaksin covid

Vaksin COVID-19 bertujuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penularan COVID-19 dan tidak semua orang dapat diberikan vaksin ini. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum dapat menerima vaksin, salah satunya adalah dalam keadaan sehat. Untuk pasien TBC yang sudah melakukan pengobatan secara rutin minimal 2bulan, umumnya sudah bisa melakukan suntik vaksin covid.Namun kondisi ini juga harus diperiksa ulang oleh dokter paru Anda misalnya apakah ada komplikasi lain yang menghalangi Anda untuk melakukan vaksin. Selama dokter paru mengijinkan, Anda akan diberikan surat layak vaksin untuk dapat pergi ke tempat vaksin. Tunjukkan surat tersebut saat pemeriksaan awal, namun tunda melakukan vaksin jika merasa tubuh tidak dalam keadaan bugar. Selain ke dokter paru, Anda juga dapat melakukan konsultasi ke dokter penyakit dalam untuk mnedapatkan surat tersebut.
Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
tbctuberkulosisvaksin corona
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil