20 Jul 2021, 16:41Pernapasan

Pemberian vaksin pada pasien positif covid-19, apakah ada efek sampingnya ?

TI
Info Penanya: TI0
Sore dok, saya mau tanya misalnya seseorang sedang dalam kondisi positif COVID-19 tapi dia gak tau kalau dia positif. Kemudian, orang tersebut menerima vaksin, apakah ada efek sampingnya dok? Terima kasih
644 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat sore, L.Vaksinasi adalah salah satu cara membentuk antibodi seseorang terhadap penyakit tertentu. Vaksin dapat menggunakan materi genetik baik virus atau bakteri yang dilemahkan. Vaksin terdiri dari beberapa jenis, dimana sebelum disebarluaskan ke masyarakat harus melalui proses panjang mulai dari pengujian efektifitas hingga keamanannya. Jika sudah aman dan lulus berberagai syarat, maka vaksin dapat digunakan.

Apa efek samping pemberian vaksin pada pasien positif covid-19 ?

Berbagai gejala pasien positif covid-19 dapat dirasakan antara lain batuk kering terus menerus disertai nyeri tenggorokan, demam, kesulitan bernafas, nyeri kepala, diare, penciuman hilang, pengecapan rasa berkurang. Namun pada sebagian pasien positif covid-19 lainnya tanpa gejala sehingga membuat pasien tidak mengetahui bahwa dirinya positif covid-19.Pasien yang tidak terinfeksi covid-19 diharapkan melakukan vaksinasi covid untuk membantu melindungi dirinya dari infeksi covid-19. Dan jikalau terinfeksi diharapkan gejala tidak menimbulkan komplikasi yang berat. Pasien yang pernah terinfeksi virus covid-19 harus menunggu sekitar 3 bulan baru dapat divaksinasi covid-19.Jika pasien tidak mengetahui bahwa dirinya terinfeksicovi-19 lalu melaukan vaksinasi, hal ini tidak akan menimbulkan efek samping berarti. Efek samping yang dapat dirasakan sama seperti pasien lainnya berupa rekasi lokal, maupun reaksi sistemik seperti demam.Anda tidak perlu khawatir. Namun untuk vaksinasi kedua, Anda tetap harus menunggu selama 3 bulan kemudian karena Anda termasuk pasien yang dianggap sudah terinfeski covid-19. Selalu jaga kesehatan ya. Konsultasi ke dokter spesialis paru jika ada gejala berat selama terinfeksi covid-19.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
infeksi saluran pernapasancoronavirusvaksin corona
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil