21 Jun 2021, 18:35Penyakit Lainnya

Apakah rapid antigen positif setelah vaksin?

AF
Info Penanya: AF0
Dok, besok saya dijadwalkan vaksin ke-2. Tapi saya harus pulang kampung tgl 27 (5hari setelah jadwal vaksin). Saya takut nanti pas rapid antigen hasil saya positif dok. Yg mau saya tanyakan, kira2 aman ga yaa vaksin besok. Atau di tunda dulu aja dok ?
2340 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat pagi, ATerima kasih atas pertanyaan ANdaVaksin adalah salah satu tindakan yang dilakukan untuk membantu tubuh membentuk antibodi terhadap penyakit tertenu. Sehingga, saat penyakit tersebut menginfeksi tubuh kita, maka tubuh kita sudah mempunyai antibodi khusus untuk penyakit tersebut. Terdapat beberapa jenis vaksin seperti baksin yang berisi virus yang dilemahkan, vaksin yang berisi bagian-bagian dari virus, atau bahkan vaksin yang berisi virus yang diinaktivasi. 

Apakah setelah vaksin mempengaruhi hasil pemeriksaan antigen?

Terkait dengan apa yang Anda tanyakan, karena tujuan vaksin adalah membentuk antibodi tubuh, maka bila dilakukan rapid antibodi (dengan sampel darah) seseorang yang sudah di vaksin kemungkinan akan memberikan hasil positif (reaktif) jika antibodi tersebut sudah terbentuk. Sedangkan untuk pemeriksaan swab antigen ataupun swab PCR, tidak akan memberikan hasil positif apabila seseorang tersebut tidak sedang terinfeksi oleh virus covid19 meskipun sudah melakukan vaksin covid19. Sehingga, jika Anda akan melakukan swab rapid antigen ataupun swab PCR setelah vaksin, hasilnya tidak berpengaruh (kecuali Anda sedang terinfeksi oleh virus covid19). Tetap konsumsi makanan yang bergizi, hindari kelelahan, gunakan masker saat keluar kamar, hindari kerumumnan, hindari bepergian bila tidak diperlukan, jaga jarak dengan orang lain, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, dan berolahraga ringan agar tubuh tetap sehat. Lakukanlah konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter jika terdapat keluhan kesehatan.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
tips kesehatancoronavirusvaksin corona
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil