Vaksin HPV

IH Info Penanya: IH, Wanita, 2019 Tahun
Pagi dok, ingin menanyakan aku bulan lalu tgl 14 agustus sudah vaksin hpv suntikan pertama (0 bulan) namun baru 28 hari sudah dijadwalkan suntikan ke 2. Yang aku baca minimal 1 bulan atau 2 bulan. Kira2 apakah aman dok? mohon informasinya terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore IHP,

HPV atau human papilloma virus merupakan salah satu virus yang dapat menimbulkan masalah kesehatan seperti kutil, penyakit kelamin, dan kanker. Tipe virus HPV sendiri ada banyak dimana beberapa dapat menimbulkan mnimbulkan risiko tinggi terjadinya kanker serviks yaitu virus HPV tipe 16 dan tipe 18.

Untuk pencegahan dari infeksi virus HPV salah satu langkah yang dapat dilakukan adalah pemberian vaksin HPV sejak dini dimana pada laki-laki dapat direkomendasikan untuk diberikan pada usia 13-21 tahun dan perempuan pada usia 13-26 tahun selain itu juga direkomendasikan apabila sudah aktif melakukan hubungan seksual. 

Pemberian vaksin HPV sendiri akan dilakukan sebanyak 3 kali dimana jarak pemberian pertama dan kedua adalah 1 bulan atau 4 minggu. Jadi jika 28 hari sudah dijadwalkan kembali untuk vaksin hal tersebut tetap aman karena 28 hari adalah 4 minggu. Pemberian ketiga sendiri diberikan 12 minggu setelah pemberian kedua atau 5 bulan setelah pemberian pertama. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Memiliki satu pasangan seksual merupakan salah satu cara menjaga kesehatan penis

5 Tips Rahasia agar Kesehatan Penis Selalu Terjaga

Salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan penis adalah memperhatikan kebersihannya. Jika tidak terjaga, berbagai penyakit bisa mengincar organ kelamin Anda, seperti balanitis. Beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan penis, antara lain menghindari seks bebas dan mengonsumsi makanan penuh nutrisi.