Vaksin HPV

IH Info Penanya: IH, Wanita, 2019 Tahun
Pagi dok, ingin menanyakan aku bulan lalu tgl 14 agustus sudah vaksin hpv suntikan pertama (0 bulan) namun baru 28 hari sudah dijadwalkan suntikan ke 2. Yang aku baca minimal 1 bulan atau 2 bulan. Kira2 apakah aman dok? mohon informasinya terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore IHP,

HPV atau human papilloma virus merupakan salah satu virus yang dapat menimbulkan masalah kesehatan seperti kutil, penyakit kelamin, dan kanker. Tipe virus HPV sendiri ada banyak dimana beberapa dapat menimbulkan mnimbulkan risiko tinggi terjadinya kanker serviks yaitu virus HPV tipe 16 dan tipe 18.

Untuk pencegahan dari infeksi virus HPV salah satu langkah yang dapat dilakukan adalah pemberian vaksin HPV sejak dini dimana pada laki-laki dapat direkomendasikan untuk diberikan pada usia 13-21 tahun dan perempuan pada usia 13-26 tahun selain itu juga direkomendasikan apabila sudah aktif melakukan hubungan seksual. 

Pemberian vaksin HPV sendiri akan dilakukan sebanyak 3 kali dimana jarak pemberian pertama dan kedua adalah 1 bulan atau 4 minggu. Jadi jika 28 hari sudah dijadwalkan kembali untuk vaksin hal tersebut tetap aman karena 28 hari adalah 4 minggu. Pemberian ketiga sendiri diberikan 12 minggu setelah pemberian kedua atau 5 bulan setelah pemberian pertama. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Titik refleksi tangan tidak hanya terletak di telapak tangan tapi juga terdapat di bagian pergelangan tangan dan tangan bagian atas

Titik Refleksi Tangan untuk Mengatasi Masalah Kesehatan

Titik refleksi tangan sudah diterapkan sejak zaman dahulu untuk mengatasi masalah kesehatan tertentu. Pengobatan tradisional ini dapat dilakukan di rumah untuk mengatasi sembelit, sakit kepala, sampai untuk meringankan masalah pencernaan.