Vaksin DBD, perlu atau tidak?

SA Info Penanya: SA, Wanita, 1 Tahun
Dok kalau corona kan belum ada vaksinnya, kalau DBD sudah ada belum? Kalau iya, bisa kah kita vaksin dari sekarang?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, S.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Demam berdarah dengue atau DBD masih merupakan penyakit yang tingkat kematiannya cukup tinggi di Indonesia. DBD selalu terjadi setiap tahun di negara ini. Untuk itu, sejumlah langkah dilakukan untuk mencegah terjadinya DBD dengan cara melakukan pola hidup bersih dan sehat.

Kini, sudah ditemukan vaksin DBD di Indonesia. Vaksin CYD-TDV merupakan vaksin DBD yang dijual di pasaran saat ini. Vaksin ini berguna untuk mencegah penyebaran penyakit DBD di negara ini. 

Namun, ternayata vaksin ini dinilai kurang efektif jika diberikan pada individu yang belum pernah terinfeksi virus dengue (virus penyebab DBD). Jadi, vaksin ini akan lebih efektif jika diberikan pada individu yang sudah pernah terkena DBD sebelumnya. 

Sebelum Anda menggunakan vaksin DBD, sebaiknya Anda melakukan konsultasi terlebih dahulu ke dokter agar kondisi fisik Anda dapat diperiksa terlebih dahulu. Walaupun begitu, vaksin ini belum bisa menjadi langkah pencegahan yang efektif bagi semua orang. Sehingga, perlu diterapkan juga pola hidup sehat dan bersih dalam kehidupan Anda sehari-hari untuk mencegah terkena DBD.

Salam sehat,

dr. Ester 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Melakukan kontak langsung dengan unggas, memiliki potensi tertular visrus flu burung

Seperti Apa Penularan Virus Flu Burung pada Manusia?

Flu burung adalah infeksi virus yang ditularkan antarunggas. Meski bersifat fatal, penularan infeksi flu burung bisa dicegah. Sebab, berbeda dari virus flu pada manusia, virus flu burung sulit ditularkan antarindividu.