23 May 2021, 22:28Penyakit Lainnya

Vaksin covid pada pasien riwayat hepatitis A apakah aman?

CA
Info Penanya: CA0
Mau tanya dok apakah jika ada riwayat hepatitis A boleh melakukan vaksin covid? Apakah perlu sebelumnya cek lab dulu? Jika perlu, pengecekan apa saja? Kemudian untuk vaksinnya, vaksin sinovac atau astra zeneca yg lebih baik untuk kondisi dgn riwayat seperti ini? Terima kasih.
541 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo C,Hepatitis A merupakan peradangan pada organ hati yang disebabkan oleh infeksi virus hepatitis A. Infeksi hepatitis A ini menular melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi virus namun umumnya penyakit ini akan sembuh dalam waktu kurang dari 6 bulan. Penyakit hepatitis A dapat sembuh sendiri dengan kekebalan tubuh yang baik dan pengobatan hanya dilakukan untuk meringankan gejala.Untuk mencegah terkena hepatitis A, Anda dapat melakukan vaksinasi hepatitis A, menghindari makanan yang tidak higienis (sebaiknya makan makanan yang dimasak sendiri). Untuk pertanyaan apakah boleh divaksin, tentu seseorang yang sudah sembuh dari hepatitis A boleh melakukan vaksin.

Syarat untuk vaksin covid

Berikut adalah syarat apakah Anda memenuhi kriteria untuk diberikan vaksin COVID-19. Boleh saja melakukan cek lab hepatitis A untuk mengetahui apakah virus masih ada dalam tubuh atau tidak. Jika saat ini Anda sedang mengalami keluhan penyakit sebaiknya tunda vaksin dan lakukan konsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum mendapatkan vaksin. Untuk jenis vaksin tidak ada perbedaan vaksin mana yang harus Anda terima keduanya boleh dan aman selama Anda sedang sehat pada saat menerima vaksin.Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
tips kesehatanhepatitis avaksin corona
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil