26 Jun 2021, 17:49Penyakit Lainnya

Apa saja syarat vaksin Covid-19?

NP
Info Penanya: NP0
Dok, saya izin bertanya mengenai vaksin Covid-19, satu bulan yang lalu saya telah kontak dengan teman yang terkonfirmasi positif Covid, dan setelahnha saya mengalami gejala anosmia selama 4 hari, namun saya belum tes PCR untuk membuktikan saya positif atau tidak. satu bulan setelahnya, saya tes Rapid Antigen dan hasilnya negatif. Apakah saya boleh daftar vaksin ya dok?
192 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi NP,Vaksin Covid-19 adalah zat yang dapat merangsang pembentukan sel-sel kekebalan tubuh (antibodi) terhadap penyakit infeksi Covid-19. Ketika sel-sel antibodi sudah terbentuk, maka diharapkan ketika benar-benar terpapar, sel sudah mengenalinya dan mampu melawan virus tersebut.Pun, menurut beberapa penelitian ilmiah, vaksin Covid-19 telah terbukti dapat mengurangi gejala berat dan angka kesakitan dan kematian pada saat perawatan. 

Vaksin Covid-19 di Indonesia

Vaksin Covid-19 di Indonesia mulai dilakukan sejak awal 2021. Vaksin adalah salah satu cara tambahan untuk percepatan pengendalian pandemi. Diharapkan jika 70% masyarakat Indonesia sudah mendapatkan vaksin, maka bisa terjadi herd immunity. Hingga saat forum ini dijawab, yaitu tanggal 27 Juni 2021, ada tiga merek vaksin yang masuk ke Indonesia, yaitu:
  • Astra Zeneca
  • Sinovac
  • Sinopharm

Syarat Vaksin Covid-19

Mengenai syarat vaksin Covid-19, sejatinya syarat tersebut akan mengalami pembaharuan sesuai dengan penelitian yang terus berjalan. Namun, untuk syarat-syarat saat ini adalah:
  • tidak demam di atas 37.5 derajat pada saat pemeriksaan di lokasi
  • tekanan darah di bawah 180/110 mmHg
  • tidak pernah mengalami alergi berat karena vaksinasi lain (jika pernah, dipertimbangkan boleh dilakukan namun biasanya di rumah sakit)
  • tidak memiliki penyakit autoimun (misalnya asma atau lupus)
  • tidak memiliki penyakit jantung berat yang sedang sesak
  • tidak sedang menjalani pengobatan karena penyakit kelainan darah, pembekuan darah, atau kelainan sistem imun
  • tidak sedang menerima pengobatan kortikosteroid atau kemoterapi
  • tidak sedang hamil
Terkait dengan kondisi Anda, memiliki kontak dengan seseorang yang positif Covid dan mengalami anosmia tidak tertera dalam syarat di atas. Pun, Anda sudah melakukan tes antigen dan hasilnya negatif, sehingga kemungkinan besar saat ini Anda dalam keadaan sehat. Jadi seharusnya, vaksinasi boleh dilakukan.Namun, jika ragu, Anda boleh berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kami melalui chat telemedicine. Juga, coba isi kuisioner kelayakan vaksin pada tautan ini, untuk mengetahui apakah Anda memenuhi syarat atau tidak. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
 
vaksin lansiacoronavirusvaksin corona
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil