Vaksin Campak 2x apa dampaknya?

SS Info Penanya: SS, Wanita, 29 Tahun
Siang Dokter,,saya mau bertanya anak saya kelas 1 sd tadi di sekolah ada suntik campak dari puskesmas salahnya saya ga tungguin karna percaya pada guru dan ternyata anak2 tidak di absen satu2 yang sudah duduk kembali tapi anak saya di tarik lagi katanya di suntik 2x dan bekas suntikan nya pun ada 2...itu gimana ya dok apa ada efek nya kedepan...saya langsung kasih air kelapa apa bakal menetralisir obat itu ga...trima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, ibu SS

Terimakasih atas pertanyaannya.

Vaksin campak mengandung virus yang sudah dilemahkan. Dengan tujuan agar timbul kekebalan terhadap campak pada anak ibu. Sebetulnya dosis yang diberikan sangat kecil sehingga tidak mengakibatkan infeksi campak. Walaupun diberikan 2x juga kemungkinannya tetap kecil.

Yang penting ibu observasi anak ibu untuk gejala seperti demam atau timbul merah-merah. Bila ada segera evaluasi dengan Dokter Anak langganan ibu untuk memastikan kondisinya. Kemudian ibu pastikan agar anak ibu istirahat yang cukup dan makan makanan bergizi agar daya tahan tubuhnya terjaga.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tetanus neonatorum sering terjadi di negara berkembang akibat persalinan yang kurang steril.

Apa Saja Gejala Tetanus pada Bayi?

Tetanus pada bayi umumnya terjadi akibat proses persalinan yang kurang steril dan ibu yang tidak mendapat vaksin tetanus saat proses kehamilan. Toksin bakteri tetanus banyak ditemukan di tanah dan dapat bertahan selama kurang lebih 40 tahun. Upaya pencegahan yang disarankan adalah pemberian vaksin tetanus pertama saat bayi berusia 6 minggu. Kenali gejala-gejala tetanus sebagai antisipasi.