12 Jun 2021, 21:15Penyakit Lainnya

Vaksin Astra Zeneca bahaya tidak?

LC
Info Penanya: LC0
Dok, apakah vaksin Astra Zeneca benar-benar berbahaya? Amankah vaksin tersebut? Apa saja kondisi yang memicu efek samping saat disuntik vaksin Astra Zeneca?
1174 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang LC,Vaksin Astra Zaneca adalah salah satu jenis vaksin yang digunakan pada program vaksinasi covid-19 di Indonesia. Vaksin ini sama dengan vaksin lainnya sudah melewati beragam uji klinis sehingga sudah memiliki izin penggunaan darurat yang dikeluarkan BPOM. Vaksin AZ ini diberikan dalam 2 kali penyuntikan dimana jarak penyuntikan dosis pertama dan kedua adalah 12 minggu.Vaksin ini aman untuk digunakan tetapi sama seperti vaksin lainnya, kemungkinan terjadinya Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) tetap lah ada. Meskipun beredar berita mengenai KIPI yang serius, tetapi hal ini merupakan hal yang sangat jarang terjadi dimana risikonya berdasarkan statistik adalah 1:250.000. Mengenai adanya penarikan batch tertentu sendiri oleh BPOM sudah dinyatakan memenuhi persyaratan mutu sehingga aman digunakan.Kontraindikasi penerima vaksin ini sendiri adalah apabila memiliki riwayat anafilaksis atau reaksi alergi parah karena pemberian vaksin dosis sebelumnya ataupun reaksi anafilaksis akibat paparan terhadap komponen vaksin AZ tersebut.

Gejala KIPI akibat vaksin Astra Zaneca

Beberapa gejala yang bisa timbul sebagai KIPI akibat penyuntikan vaksin Astra Zaneca sendiri diantaranya adalah:
  • Demam
  • Sakit kepala
  • Nyeri dilokasi penyuntikan
  • Nyeri otot
  • Mual atau muntah
  • Gatal
Beberapa gejala yang perlu diwaspadai dan harus segera ditangani diantaranya seperti sakit kepala hebat, nyeri dada, bengkak pada kaki, sakit perut hebat, sesak napas, pembengkakan, ruam seluruh badan. Apabila terjadi hal demikian perlu segera ke IGD rumah sakit terdekat. Jadi jangan takut untuk menerima vaksin dan siapkan kondisi tubuh agar tetap fit sebelum menerima dan setelah vaksin. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
tips kesehatancoronavirusvaksin corona
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil